Propaganda selebritis dalam dunia fashion (studi pada penjualan busana muslim di Bangka Trade Center Pangkalpinang)

Rudy Saputra, (NIM. 5011211055) (2016) Propaganda selebritis dalam dunia fashion (studi pada penjualan busana muslim di Bangka Trade Center Pangkalpinang). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Terkait hal tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk propaganda selebritis dalam mempromosikan hijab di BTC Pangkalpinang. Kemajuan zaman turut mendorong dunia fashion kian berkembang pesat. Adanya gaya busana muslim terbaru dari kalangan selebritis yang dipromosikan ke masyrakat secara tidak langsung dapat dikonsumsi masyarakat kapan saja. Penelitian dilakukan di BTC Pangkalpinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan penggambaran secara mendalam tentang situasi dan proses yang diteliti. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan 13 informan. Teori yang digunakan untuk menganalisis fenomena pada penelitian ini adalah Teori Labeling milik Howard S. Becker dan diperkuat oleh Teori Penipuan Massa milik Max Horkheimer. Labeling menekankan kepada dua aspek pertama; menjelaskan tentang mengapa dan bagaimana individu tertentu diberi label, kedua; pengaruh dari pemberian label sebagai konsekuensi penyimpangan tingkah laku. Hasil penelitian menunjukkan adanya propaganda yang dilakukan selebritis dalam dunia fashion. Ketenaran selebritis yang mempromosikan busana muslim mempengaruhi kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi produk buatannya. Pedagang yang ikut memasarkan busana muslim milik artis ataupun busana yang menirukan gaya milik artis ini berusaha memasarkan produknya. Produk –produk busana muslim ini sangat diminati oleh pasar dan permintaanya tidak pernah berhenti.Propaganda dilakukan untuk mempengaruhi pemikiran masyarakat agar mengikuti gaya busana muslim para selebritis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Propaganda, Fashion , Busana Muslim, Selebritis
Subjects: H Ilmu Sosial > HM Sosiologi
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:36
Last Modified: 18 Jul 2018 07:36
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item