Arini, (NIM. 5011211003) (2016) Implikasi keberadaan PT Gemilang Cahaya Mentari (GCM) terhadap perubahan perilaku sosial ekonomi Masyarakat Desa Neknang Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Preview |
Text
Halaman Depan.pdf Download (574kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (279kB) | Preview |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (109kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (997kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya pergeseran mata pencaharian masyarakat dengan keberadaan PT GCM dan diasumsikan berdampak pada perubahan perilaku sosial ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keberadaan PT GCM terhadap perubahan perilaku sosial ekonomi masyarakat Desa Neknang Kabupaten Bangka dan bentuk-bentuk perubahan perilaku sosial ekonomi masyarakat Desa Neknang setelah keberadaan PT GCM. Teori yang digunakan untuk mengkaji implikasi PT GCM dan bentukperubahan perilaku sosial ekonomi masyarakat Desa Neknang adalah teori Max Weber mengenai tindakan ekonomi rasional dan dielaborasi dengan konsep perubahan sosial menurut Gillin John dan John Philip Gillin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Wawancara dengan 12 informan, pemilihan informan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Setelah keberadaan PT GCM di Desa Neknang munculnya perubahan perilaku sosial ekonomi masyarakat. Adapun bentuk-bentuk perubahan perilaku ekonomi masyarakat setelah keberadaan industri kelapa sawit yaitu, pertama; Munculnya perilaku konsumtif, masyarakat cenderung membeli barang-barang bukan atas kegunaan melainkan keinginan, adanya kepercayaan hal itu perlu untuk menjaga status sosialnya. Kedua; Perilaku produktif, masyarakat lebih kreatif dalam menciptakan, mengembangkan usaha barang dan jasa. Ketiga; Perilaku komersial, masyarakat mulai menjadikan tanah sebagai transaksi jual beli. Keempat; Perilaku non-komersial masyarakat mulai berkembang, hampir rata-rata masyarakat telah mampu menyekolahkan anaknnya sampai jenjang perkuliahan. Faktor pendorong perubahan perilaku sosila ekonomi masyarakat yaitu, pertama Faktor internal diantarannya, faktor ekonomi keluarga, faktor tingkat pendidikan, faktor penduduk pendatang, faktor ide-ide baru, faktor penemuan baru, dan faktor pertambahan penduduk. Kedua; Faktor eksternal diantaranya, faktor pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit dan faktor pengaruh kebudayaan masyarakat luar.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implikasi, PT GCM, Perubahan, dan Perilaku Sosial Ekonomi |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HM Sosiologi H Ilmu Sosial > HN Sejarah dan Kondisi Sosial. Masalah Sosial. Reformasi Sosial |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 06:42 |
Last Modified: | 26 Jun 2018 06:42 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/656 |
Actions (login required)
View Item |