Zulkarnain, (NIM. 1021522023) (2017) Analisa permasalahan teknis dan tingkat kepuasan pelanggan pengguna kwh meter prabayar di PT PLN (Persero) Area Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Preview |
Text
Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (289kB) | Preview |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (276kB) | Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Meter Prabayar merupakan tipe kWh meter elektronik yang beroperasi berdasarkan nilai kredit yang dimasukan dari token ke dalam register kWh , dan selanjutnya nilai kredit tersebut dijadikan acuan untuk mengontrol bekerjanya kWh meter. Nilai kredit didalam register tersebut akan dikurangi secara bertahap sebanding dengan nilai energi listrik yang telah digunakan. Dalam penerapan listrik prabayar sering ditemukan beberapa jenis kerusakan pada kWh Meter Prabayar (MPB) sehingga menyebabkan terjadinya gangguan atau kegagalan pada pengoperasian kWh Meter Prabayar yang digunakan oleh pelanggan PLN. Beberapa jenis kerusakan atau gangguan yang sering terjadi pada Meter Prabayar antara lain: Indikator Rellay, Tegangan drop, Keypad rusak, Token tidak dapat diberi masukan (input) ke kWh meter, Display error, kWh Meter Minus, LCD Blank, boros pulsa, meter terbakar dan baut patah. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data, kemudian membuat rekap data dari sumber yang ada di PT PLN (Persero) Area Bangka, selanjutnya dianalisa sesuai jenis kerusakan yang terjadi dan melaksanakan survei dengan cara membuat kuesioner ke pelanggan prabayar di Pangkalpinang sebanyak 100 pelanggan tersebar guna mengetahui tingkat kepuasan pelanggan listrik prabayar kepada layanan prabayar PLN. Hasil dari penelitian diketahui jumlah kerusakan meter prabayar di PT PLN (Persero) Area Bangka selama tahun 2016 adalah 31.469 unit dari beberapa jenis kerusakan. Komposisi jumlah kerusakan meter prabayar tersebut yaitu: Baut patah 1500 unit, terbakar 296 unit, Rellay 4317 unit, pulsa tidak berkurang 9229 unit, gagal isi token 1081 unit, boros pulsa 618 unit, keypad rusak 4098 unit, lcd blank 8165 unit, kWh minus 2165 unit. Hasil survei kuesioner ke pelanggan prabayar PT PLN (Persero) Area Bangka untuk kualitas pelayanan masuk kategori Puas/Setuju (PS) sedangkan untuk kepuasan konsumen masuk kategori Tidak Puas/Tidak Setuju.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kWh meter prabayar, kerusakan teknis, kepuasan pelanggan |
Subjects: | T Teknologi > TK Teknik Elektro. Elektronika. Teknik Nuklir |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Nia Erawati |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 03:36 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 03:36 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/494 |
Actions (login required)
View Item |