Analisa permasalahan teknis dan tingkat kepuasan pelanggan pengguna kwh meter prabayar di PT PLN (Persero) Area Bangka

Zulkarnain, (NIM. 1021522023) (2017) Analisa permasalahan teknis dan tingkat kepuasan pelanggan pengguna kwh meter prabayar di PT PLN (Persero) Area Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meter Prabayar merupakan tipe kWh meter elektronik yang beroperasi berdasarkan nilai kredit yang dimasukan dari token ke dalam register kWh , dan selanjutnya nilai kredit tersebut dijadikan acuan untuk mengontrol bekerjanya kWh meter. Nilai kredit didalam register tersebut akan dikurangi secara bertahap sebanding dengan nilai energi listrik yang telah digunakan. Dalam penerapan listrik prabayar sering ditemukan beberapa jenis kerusakan pada kWh Meter Prabayar (MPB) sehingga menyebabkan terjadinya gangguan atau kegagalan pada pengoperasian kWh Meter Prabayar yang digunakan oleh pelanggan PLN. Beberapa jenis kerusakan atau gangguan yang sering terjadi pada Meter Prabayar antara lain: Indikator Rellay, Tegangan drop, Keypad rusak, Token tidak dapat diberi masukan (input) ke kWh meter, Display error, kWh Meter Minus, LCD Blank, boros pulsa, meter terbakar dan baut patah. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data, kemudian membuat rekap data dari sumber yang ada di PT PLN (Persero) Area Bangka, selanjutnya dianalisa sesuai jenis kerusakan yang terjadi dan melaksanakan survei dengan cara membuat kuesioner ke pelanggan prabayar di Pangkalpinang sebanyak 100 pelanggan tersebar guna mengetahui tingkat kepuasan pelanggan listrik prabayar kepada layanan prabayar PLN. Hasil dari penelitian diketahui jumlah kerusakan meter prabayar di PT PLN (Persero) Area Bangka selama tahun 2016 adalah 31.469 unit dari beberapa jenis kerusakan. Komposisi jumlah kerusakan meter prabayar tersebut yaitu: Baut patah 1500 unit, terbakar 296 unit, Rellay 4317 unit, pulsa tidak berkurang 9229 unit, gagal isi token 1081 unit, boros pulsa 618 unit, keypad rusak 4098 unit, lcd blank 8165 unit, kWh minus 2165 unit. Hasil survei kuesioner ke pelanggan prabayar PT PLN (Persero) Area Bangka untuk kualitas pelayanan masuk kategori Puas/Setuju (PS) sedangkan untuk kepuasan konsumen masuk kategori Tidak Puas/Tidak Setuju.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: kWh meter prabayar, kerusakan teknis, kepuasan pelanggan
Subjects: T Teknologi > TK Teknik Elektro. Elektronika. Teknik Nuklir
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 12 Mar 2018 03:36
Last Modified: 12 Mar 2018 03:36
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item