Diana Indrayani, (NIM. 5011311014) (2017) Relasi patron dan klien antara pemilik dengan pekerja di kios-kios BTC Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Preview |
Text
PENUTUP.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Patron dan klien yakni dua kelompok yang berbeda di dalam hubungan kerja. Patron adalah pemilik kios yang memiliki sumber daya yang tinggi sedangkan klien adalah orang yang tidak memiliki sumber daya tetapi mereka memiliki tenaga yang dapat dipertukarkan. Relasi patron dan klien tercipta dari hasil hubungan interaksi sosial yang terjalin dalam masyarakat. Sehingga adanya hubungan timbal balik dan saling membutuhkan antar manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola relasi patron dan klien antara pemilik dengan pekerja di kios-kios BTC Pangkalpinang dan faktor apa yang mempengaruhi relasi patron dan klien antara pemilik dengan pekerja di kios-kios BTC Pangkalpinang. Peneliti menggunakan konsep patron klien James C. Scott yang menjelaskan bahwa hubungan ini memiliki karakteristik sebagai berikut: kepemilikan sumber daya ekonomi yang tidak seimbang, hubungan personal, hubungan loyalitas, dan hubungan resiprositas. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan ditentukan dalam penelitian ini berjumlah 27 informan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu pertama, tentang relasi antara pemilik dengan pekerja. Relasi antara pemilik dengan pekerja di kios-kios BTC Pangkalpinang dapat terlihat melalui interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Relasi patron dan klien yang terjalin merupakan bentuk interaksi timbal balik dikarenakan adanya perbedaan status dari kedua belah pihak yang menggambarkan hak-hak dan kewajiban pekerja terhadap pemilik kios maupun sebaliknya. Relasi patron dan klien terdapat kepercayaan, rasa kekeluargaan dan saling menghargai yang menyebabkan ikatan patron dan klien dapat bertahan lama. Kedua, faktor yang mempengaruhi terjadinya relasi patron dan klien, yaitu faktor ketergantungan ekonomi, faktor hubungan sosial dan faktor primordial
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relasi, patron dan klien, hubungan kerja |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HN Sejarah dan Kondisi Sosial. Masalah Sosial. Reformasi Sosial H Ilmu Sosial > HX Socialism. Communism. Anarchism |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Darma - |
Date Deposited: | 15 Feb 2018 05:51 |
Last Modified: | 15 Feb 2018 05:51 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/312 |
Actions (login required)
View Item |