Analisis pemasaran lada putih (muntok white pepper) dengan pendekatan structure, conduct, and performance (scp) di Kabupaten Bangka Barat

Chatijah Adha, (NIM. 2051511003) (2019) Analisis pemasaran lada putih (muntok white pepper) dengan pendekatan structure, conduct, and performance (scp) di Kabupaten Bangka Barat. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HAL DEPAN.pdf]
Preview
Text
HAL DEPAN.pdf

Download (934kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Lada Putih merupakan komoditas perkebunan yang berperan penting dalam kegiatan ekspor dan impor. Aspek pemasaran merupakan hal penting dalam pengusahaan perkebunan lada rakyat. Usahatani lada putih dilakukan secara berkala dan berkelanjutan di Kabupaten Bangka Barat didukung oleh potensi lada putih yang telah memiliki brand image (Muntok White Pepper). Dalam menjalankan usahatani lada putih maka perlu adanya analisis efisiensi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan saluran pemasaran lada putih di Kabupaten Bangka Barat, (2) Menganalisis efisiensi pemasaran lada putih menggunakan metode market strukture, market conduct, and market performance (SCP) di Kabupaten Bangka. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan pendekatan SCP. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat lima macam saluran pemasaran lada putih di Kabupaten Bangka Barat. Struktur pasar yang terbentuk dari pemasaran lada putih dominan ke pasar persaingan tidak sempurna yaitu oligopoli. Saluran IV merupakan saluran yang relatif lebih efisien di ukur berdasarkan nilai margin terkecil yakni Rp 4.000, Farmer’s share sebesar 92,59, dan R/C rasio sebesar 2,63.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lada Putih, Pemasaran, Struktur Pasar, Perilaku Pasar, Kinerja Pasar, Efisiensi Pemasaran
Subjects: H Ilmu Sosial > HD Industri. Penggunaan Lahan. Tenaga Kerja > HD28 Manajemen. Manajemen Industri
S Pertanian > S Agriculture (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 08 Apr 2020 06:18
Last Modified: 08 Apr 2020 06:18
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item