Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar siswa MTs Nurul Yaqin Desa Tanah Bawah

Muhammad Nasir, (NIM. 3021011002) (2015) Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar siswa MTs Nurul Yaqin Desa Tanah Bawah. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (968kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

MTs Nurul Yaqin Desa Tanah Bawah merupakan lembaga pendidikan untuk menuntut ilmu baik agama maupun umum. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menentukan seberapa besar pengaruh antara kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual secara parsial maupun secara simultan terhadap prestasi belajar siswa MTs Nurul Yaqin Desa Tanah Bawah dan untuk mengetahui variable independen manakah yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa MTs Nurul Yaqin Desa Tanah Bawah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 110 respoden sedangkan tehnik pengambilan menggunakan tehnik sensus. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji F.
Hasil penelitian variabel independen (X1) diperoleh thitung (3,721) > Ttabel (1,9826) dan variabel X2 thitung (4,798) > Ttabel (1,9826). Maka variabel X1 berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y dan variabel X2 berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung (30,399) > Ftabel (3,08), sedangkan signifikansi adalah 0,000 < alpha pada taraf signifikansi 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel independen secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variabel dependen secara signifikan. Sedangkan koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,350 atau 35% yang berarti variabel prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, prestasi belajar
Subjects: H Ilmu Sosial > HD Industri. Penggunaan Lahan. Tenaga Kerja > HD28 Manajemen. Manajemen Industri
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:06
Last Modified: 18 Oct 2018 04:06
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item