Analisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika menggunakan metode structural equation modeling (sem) pada peserta didik SMP Negeri 2 Simpang Rimba

Navita Sari, (NIM. 1071911021) (2025) Analisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika menggunakan metode structural equation modeling (sem) pada peserta didik SMP Negeri 2 Simpang Rimba. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (641kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (886kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (701kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (729kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik SMPN 2 Simpang Rimba dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Variabel motivasi belajar terdiri dari ketekunan menghadapi tugas, ulet dalam menghadapi kesulitan, minat terhadap berbagai masalah, kemandirian, cepat bosan pada tugas rutin, kemampuan mempertahankan pendapat, keyakinan, dan kesenangan dalam memecahkan soal. Variabel hasil belajar terdiri dari afektif dan kognitif. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecocokan model pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar berada pada kategori baik dan semua aspek motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dimensi afektif dan kognitif hasil belajar, dengan nilai critical ratio (c.r) > 1,96. Selain itu, dimensi afektif juga memiliki pengaruh langsung terhadap dimensi kognitif. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas konteks penelitian, menambahkan variabel lain, dan menggunakan pendekatan kombinasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Afektif, Kognitif, Structural Equation Modeling
Subjects: Q Sains > Q Science (General)
Q Sains > QA Mathematics
Q Sains > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Sains > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > MATEMATIKA > SKRIPSI
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 15 Dec 2025 04:16
Last Modified: 15 Dec 2025 04:16
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/10882

Actions (login required)

View Item View Item