Relasi patron dan klien antara pemilik dengan pekerja di kios-kios BTC Pangkalpinang

Diana Indrayani, (NIM. 5011311014) (2017) Relasi patron dan klien antara pemilik dengan pekerja di kios-kios BTC Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
PENUTUP.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Patron dan klien yakni dua kelompok yang berbeda di dalam hubungan kerja. Patron adalah pemilik kios yang memiliki sumber daya yang tinggi sedangkan klien adalah orang yang tidak memiliki sumber daya tetapi mereka memiliki tenaga yang dapat dipertukarkan. Relasi patron dan klien tercipta dari hasil hubungan interaksi sosial yang terjalin dalam masyarakat. Sehingga adanya hubungan timbal balik dan saling membutuhkan antar manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola relasi patron dan klien antara pemilik dengan pekerja di kios-kios BTC Pangkalpinang dan faktor apa yang mempengaruhi relasi patron dan klien antara pemilik dengan pekerja di kios-kios BTC Pangkalpinang. Peneliti menggunakan konsep patron klien James C. Scott yang menjelaskan bahwa hubungan ini memiliki karakteristik sebagai berikut: kepemilikan sumber daya ekonomi yang tidak seimbang, hubungan personal, hubungan loyalitas, dan hubungan resiprositas. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan ditentukan dalam penelitian ini berjumlah 27 informan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu pertama, tentang relasi antara pemilik dengan pekerja. Relasi antara pemilik dengan pekerja di kios-kios BTC Pangkalpinang dapat terlihat melalui interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Relasi patron dan klien yang terjalin merupakan bentuk interaksi timbal balik dikarenakan adanya perbedaan status dari kedua belah pihak yang menggambarkan hak-hak dan kewajiban pekerja terhadap pemilik kios maupun sebaliknya. Relasi patron dan klien terdapat kepercayaan, rasa kekeluargaan dan saling menghargai yang menyebabkan ikatan patron dan klien dapat bertahan lama. Kedua, faktor yang mempengaruhi terjadinya relasi patron dan klien, yaitu faktor ketergantungan ekonomi, faktor hubungan sosial dan faktor primordial

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Relasi, patron dan klien, hubungan kerja
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 15 Feb 2018 05:51
Last Modified: 15 Feb 2018 05:51
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item