Analisis pemasaran lada putih (muntok white pepper) dengan pendekatan structure, conduct, and performance (scp) di Kabupaten Bangka Barat

Chatijah Adha, (NIM. 2051511003) (2019) Analisis pemasaran lada putih (muntok white pepper) dengan pendekatan structure, conduct, and performance (scp) di Kabupaten Bangka Barat. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
HAL DEPAN.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Lada Putih merupakan komoditas perkebunan yang berperan penting dalam kegiatan ekspor dan impor. Aspek pemasaran merupakan hal penting dalam pengusahaan perkebunan lada rakyat. Usahatani lada putih dilakukan secara berkala dan berkelanjutan di Kabupaten Bangka Barat didukung oleh potensi lada putih yang telah memiliki brand image (Muntok White Pepper). Dalam menjalankan usahatani lada putih maka perlu adanya analisis efisiensi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan saluran pemasaran lada putih di Kabupaten Bangka Barat, (2) Menganalisis efisiensi pemasaran lada putih menggunakan metode market strukture, market conduct, and market performance (SCP) di Kabupaten Bangka. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan pendekatan SCP. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat lima macam saluran pemasaran lada putih di Kabupaten Bangka Barat. Struktur pasar yang terbentuk dari pemasaran lada putih dominan ke pasar persaingan tidak sempurna yaitu oligopoli. Saluran IV merupakan saluran yang relatif lebih efisien di ukur berdasarkan nilai margin terkecil yakni Rp 4.000, Farmer’s share sebesar 92,59, dan R/C rasio sebesar 2,63.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lada Putih, Pemasaran, Struktur Pasar, Perilaku Pasar, Kinerja Pasar, Efisiensi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mr Janfrist Pagendo Purba
Date Deposited: 08 Apr 2020 06:18
Last Modified: 08 Apr 2020 06:18
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/2790

Actions (login required)

View Item View Item