Khairunnisa, (NIM. 4011211051) (2016) Perlindungan hukum bagi konsumen jasa kolam renang di Kota Pangklpinang ditinjau dari UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Preview |
Text
Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (333kB) | Preview |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (268kB) | Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perlindungan hukum bagi konsumen harus mempunyai tujuan untuk memberikan suatu keadilan, ketertiban, kepastian serta kedamaian. Dalam hal ini konsumen jasa kolam renang di Kota Pangkalpinang harus mendapatkan perlindungan hukum dari pelaku usaha. Perlindungan hukum adalah memberikan pengayoman terhadap hak asasi manusia yang dirugikan orang lain. Perlindungan terhadap konsumen harus diberikan pelaku usaha harus dijalankan agar bisa menjamin kepastian hukum dalam memberikan perlindungan hukum itu sendiri. Permasalahan yang terjadi di kolam renang Kota Pangkalpinang bahwa tidak diberikannya informasi secara jelas mengenai kondisi kolam yakni pemakaian tawas dan kaporit yang tinggi, tidak adanya petugas penjaga kolam, tidak diberikannya ganti rugi apabila konsumen mendapatkan kerugian, serta belum banyak kolam renang yang mendaftarkan ke Dinas Kesehatan dalam hal pengujian kualitas air yang layak dikonsumsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kolam renang yang layak dipakai/digunakan, mengetahui tentang pengujian kualitas airnya yang dilakukan Dinkes melalui Puskesmas yang melakukan pembinaan dan pengawasan, serta pertanggungjawaban pelaku usaha atas kerugian yang dialami konsumen. Hasil yang di dapat setelah melakukan penelitian berupa kuesioner dan wawancara bahwa konsumen pemakai kolam renang di Kota Pangkalpinang tidaklah mendapat perlindungan hukum dengan baik dari pelaku usaha dan belum efektifnya pembinaan dan pengawasan yang di lakukan pihak Puskesmas yang terkait. Penelitian ini menggunakan penelitian empiris. Penelitian empiris merupakan butir-butir informasi yang didapat dari data di lapangan. Hasil penelitian ini bisa memberikan sumber pemahaman terhadap perlindungan hukum bagi konsumen yang termuat dalam Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Kata Kunci : Perlindungan hukum, perlindungan konsumen
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan hukum, perlindungan konsumen |
Subjects: | K Hukum > K Law (General) |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Hukum > Hukum > Konsentrasi Keperdataan |
Depositing User: | Mrs Nia Erawati |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 07:39 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 07:39 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/772 |
Actions (login required)
View Item |