Reza Wahyu Wardana, (NIM. 5011111045) (2016) Komodifikasi jilbab(studi terhadap tren berjilbab di kalangan Mahasiswi Universitas Bangka Belitung). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Preview |
Text
Halaman Depan.pdf Download (425kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (500kB) | Preview |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
|
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (461kB) | Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Jilbab merupakan kewajiban bagi perempuan muslim untuk memakainya. Dengan perkembangan zaman jilbab dikreasikan menjadi berbagai bentuk dan motif. Hal ini membuat jilbab diminati oleh perempuan muslim saat ini. Pemakaian jilbab di kalangan mahasiswi Universitas Bangka Belitung berbagai macam dan mengikuti fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) makna berjilbab di kalangan mahasiswi Universitas Bangka Belitung, (2) bentuk komodifikasi jilbab pada mahasiswi Universitas Bangka Belitung. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Bangka Belitung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan pengambaran secara mendalam tentang situasi atau proses yang diteliti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan mewancarai 9 orang narasumber. Pengambilan data dilakukan melalui observasi lapangan. Analisi hasil penelitian menggunakan teori Adorno tentang pencerahan palsu kapitalis dan komodifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswi Universitas Bangka Belitung memaknai jilbab sebagai identitas, kontrol sosial, dan pelindung bagi diri mereka. Bentuk-bentuk komodifikasi jilbab yang terjadi di kalangan mahasiswi Universitas Bangka Belitung adalah jilbab syar’i, hijabers, dan jilboobs. Komodifikasi dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu : meningkatnya promosi dan daya jual sebagai tren, meningkatnya konsumsi jilbab, fenomena materialistis, tren ikut-ikutan.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jilbab, Komodifikasi, Fashion |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HM Sosiologi |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 07:35 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 07:35 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/762 |
Actions (login required)
View Item |