Asbandi, (NIM. 1011311008) (2017) Pengerasan material pada flange mesin diesel dengan menggunakan campuran arang tempurung kelapa dengan metode sistem pack carburizing. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Preview |
Text
Halaman Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (288kB) | Preview |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (180kB) | Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Carburizing atau pengarbonan bertujuan memberikan kandungan karbon yang lebih banyak pada bagian permukaan dibanding dengan bagian inti benda kerja, sehingga kekerasan permukaan lebih meningkat proses pack carburizing menggunakan material berbahan karbon rendah sebesar 0.150% yaitu berupa flange kemudian di campur dengan arang aktif tempurung kelapa murni (T=9500C, Holding time 480menit, Q = Oven dan udara). Proses case hardening mengeraskan permukaan dengan temperatur (T= 8000C, Holding time 105menit, Q = Oven dan air) Proses Tempering (T= 2000C, Holding time 90menit, Q = Oven dan udara). Dari hasil pengujian benda kerja sebelum di proses heat treatmen adalah rata-rata HRB 67.6 dengan HV sebesar 119. Dan sesudah di pack carburizing adalah HRB 86.9 dengan HV sebesar 169, jadi dari hasil pengujian di atas ada perubahan siklus penaikkan penambahan HRB/HV dari sebelumnya. Lalu setelah diproses case hardening dan tempering kekerasan material bertambah HRC sebesar 47.2 dan HV 471. Hasil pengecekkan rata-rata dilapangan selama 1minggu Sebelum dan sesudah di proses heat treatmen yaitu diameter luar tidak berubah sama sekali sebesar 23 cm. Tebal dari flange berkurang 2,5mm, jadi 1mm, kemudian Berat berkurang sebanyak 3gram jadi 2gram karena akibat gesekkan terus menerus, kemudian diameter lubang besar 1mm jadi 0 mm atau berubah. Lalu diameter lubang kecil tetap sama tidak ada perubahan sama sekali. di akibatkan ada proses mekanisme penguatan material (strengthening mechanism) yaitu penguatan penghalusan butir (grain refinement strengthening) dengan proses case hardening dan tempering supaya material tersebut permukaannya menjadi keras dan gunanya untuk menghilangkan tegangan dalam serta menguatkan baja dari kerapuhan. lalu di lakukan proses penguatan tekstur (Fibre Strengthening) yaitu ada penambahan kandungan karbon dari proses pack carburizing.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Carburizing, Holding Time, Flange, Kekerasan |
Subjects: | T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Nia Erawati |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 05:31 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 05:31 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/521 |
Actions (login required)
View Item |