Eko Mas, (NIM. 2051111019) (2018) Strategi pemasaran usaha kecil menengah kerajinan rotan yang berbasis potensi lokal (studi kasus: di desa Delas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Preview |
Text
HAL DEPAN.pdf Download (460kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (383kB) | Preview |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
|
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (360kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Menghitung pendapatan usaha kecil menengah
kerajinan rotan di Desa Delas kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan (2) Merumuskan alternatif strategi pemasaran usaha kecil menengah kerajinan rotan di Desa Delas kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan.
Waktu dan tempat penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2017 sampai bulan Desember 2017 di Desa Delas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Metode penarikan contoh menggunakan metode sensus dan purposive sampling. Metode sensus dilakukan pada 30 orang pengrajin rotan di Desa Delas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan yang semuanya dijadikan responden (sampel). Metode purposive sampling dilakukan responden yang paham betul dengan perencanaan strategis dan ahli di bidangnya yaitu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan 2 orang, ketua kelompok tani 1 orang, dan penyuluh pertanian 1 orang.
Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa (1) Usaha kecil menengah kerajinan rotan di Desa Delas memiliki pendapatan rata-rata perbulan sebesar Rp2.478.333, penerimaan Rp 5.670.000 dan biaya produksi sebesar Rp 3.191.667. (2) Strategi pemasaran usaha kecil menengah kerajinan rotan di Desa Delas Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan adalah 1) strategi S-O yakni: menjaga kualitas produk untuk untuk meningkatkan daya saing, memperluas jaringan pemasaran dan pelayan yang memuaskan. 2) strategi W-O yakni: peningkatan media promosi produk kerajinan dan perlu adanya bantuan pemerintah. 3) strategi S-T yakni: mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, dan pembuatan toko usaha kecil menengah kerajinan rotan. 4) strategi W- T yakni: memperluas jaringan pemasaran dengan pemanfaatan media promosi secara maksimal dan menciptakan produk berkualitas.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Usaha kecil Menengah, Pendapatan, Pemasaran. |
Subjects: | H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) H Ilmu Sosial > HD Industri. Penggunaan Lahan. Tenaga Kerja > HD28 Manajemen. Manajemen Industri |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis |
Depositing User: | Mr Jan Frist Pagendo Purba |
Date Deposited: | 11 Jun 2019 02:38 |
Last Modified: | 11 Jun 2019 02:38 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/2371 |
Actions (login required)
View Item |