Pengaruh Kompetensi Guru, Lingkungan Sekolah dan Kepemimpinan Terhadap Prestasi Belajar (Studi TK Pertiwi Pangkalpinang)

Esa Yulita Tri Putri, (NIM. 3021111064) (2015) Pengaruh Kompetensi Guru, Lingkungan Sekolah dan Kepemimpinan Terhadap Prestasi Belajar (Studi TK Pertiwi Pangkalpinang). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi guru, lingkungan sekolah dan kepemimpinan terhadap prestasi belajar murid di TK Pertiwi Pangkalpinang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 163 responden sedangkan tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Pada penelitian ini variable bebasnya terdiri dari kompetensi guru, lingkungan sekolah dan kepemimpinan, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar murid. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan asumsi klasik, regresi linier berganda dengan uji t dan uji f dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian variabel independen (X1) diperoleh thitung (4,546) > ttabel (1,9751), variabel (X2) diperoleh thitung 1,093 < ttabel (1,9751) dan variabel (X3) diperoleh thitung (3,799) > ttabel (1,9751). Maka variabel X1 berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel Y, variabel X2 tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Y, dan variabel X3 berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel Y. Hasil dari perhitungan uji f menunjukkan bahwa fhitung(29,856) > dari ftabel (3,90), sedangkan signifikansi (0,000) < dari alpha pada taraf 5 % atau 0,05, sehingga HO ditolak dan Ha diterima, yang berarti variabel independen secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variabel dependen secara signifikan. Sedangkan koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,348 atau 34,8%, maka pengaruh variabel X secara serentak terhadap variabel Y sebesar 34,8% yang berarti variabel prestasi belajar murid di TK Pertiwi Pangkalpinang dapat dijelaskan oleh variabel kompetensi guru, lingkungan sekolah dan kepemimpinan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Lingkungan Sekolah, Kepemimpinan, Prestasi Belajar murid
Subjects: H Ilmu Sosial > HD Industri. Penggunaan Lahan. Tenaga Kerja > HD28 Manajemen. Manajemen Industri
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 11 Oct 2018 06:07
Last Modified: 11 Oct 2018 06:07
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item