Pola kepemimpinan kepala sekolah di Tingkat Sekolah Dasar Kota Pangkalpinang

Oktanika Riyanti, (NIM. 5011111042) (2016) Pola kepemimpinan kepala sekolah di Tingkat Sekolah Dasar Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah dalam mencapai tujuan sekolah perlu memperhatikan pola kepemimpinan yang akan digunakan. Pola kepemimpinan dapat dilihat dari bagaimana kepala sekolah melakukan motivasi kepada guru, staf dan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pola kepemimpinan kepala sekolah perempuan dan laki – laki. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teori yang digunakan dalam mengkaji pola kepemimpinan kepala sekolah di tingkat sekolah dasar ini adalah Max Weber yaitu tipe otoritas kharismatik dan otoritas legal – rasional. Otoritas kharismatik didasarkan pada mutu luar biasa yang dimiliki oleh orang yang memiliki otoritas atau pemimpin, sebagai seorang pribadi. Sedangkan otoritas legal – rasional didasarkan pada komitmen terhadap seperangkat peraturan yang diundangkan secara resmi dan diatur secara impersonal. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, kepala sekolah perempuan cenderung memimpin dengan tipe otoritas kharismatik. Cara kerja kepemimpinan kepala sekolah perempuan mampu membangkitkan motivasi semangat kerja yang tinggi dengan sikap keibuannya yang sabar dan lemah lembut. Selain itu kepala sekolah perempuan mempunyai daya tarik yang membuat kagum dan segan para guru dan staff. Sedangkan kepala sekolah laki – laki cenderung memimpin dengan tipe otoritas legal – rasional. Laki – laki sangat menerapkan pola kerja yang task oriented yang sudah ada dalam aturan sekolah dan kementrian. Dalam memotivasi staf, laki –laki cenderung dengan menggunakan hadiah atau imbalan dalam prestasi kerja sebagai penyemangat staf yang bekerja

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan,otoritas kharismatik, otoritas legal rasional
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Nia Erawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:26
Last Modified: 18 Jul 2018 07:26
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item