Perlindungan hukum bagi konsumen jasa bengkel motor resmi di Kota Pangkalpinang

Bambang Noviansyah, (NIM. 4011211013) (2016) Perlindungan hukum bagi konsumen jasa bengkel motor resmi di Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (997kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (947kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bengkel Otomotif adalah suatu tempat dimana dilakukan perbaikan atau perawatan dalam bidang jasa yang bersifat teknis terhadap suatu produk, produk yang dimaksud adalah kendaraan bermotor. Sekarang ini perkembangan pelaku usaha dalam mendirikan jasa bengkel terus meningkat dikerenakan jasa bengkel diikuti dengan perkembangan atau bertambahnya kendaraan bermotor. Hal ini khususnya bengkel motor resmi yang memberikan suatu jasanya yang tidak baik atau tidak sesuai harapan konsumen sehingga pihak-pihak konsumen harus mendapatkan perlindungan. Semakin banyaknya jasa bengkel motor resmi maka persaingan usaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen semakin banyak, dengan adanya persaingan usaha seperti ini membuat para penyedia jasa bengkel motor resmi tertentu banyak yang berbuat curang ataupun berlaku sewenang-wenang atas pelayanan jasanya. Sehingga banyak keluhan-keluhan konsumen atau masyarakat terhadap pelayanan jasa bengkel. Adapun yang menjadi permasalahan di skripsi ini adalah bentuk perlindungan bagi konsumen jasa bengkel motor resmi di tinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen di Kota Pangkalpinang dan bagaimana pertanggungjawaban pelaku usaha jasa bengkel motor resmi di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan penelitian empiris dengan pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan sosiologi hukum, pendekatan ini lebih kemasyarakat dan sosiologi hukum mempunyai fungsi untuk menguji apakah hukum dan peraturan perundang-undangan berfungsi bagi masyarakat. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, pengamatan, dan angket yang berbentuk kuatitatif sedangkan analisis datanya dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, perlindungan hukum terhadap konsumen sebagian besar sudah terlindungi secara baik atau dalam persentase baik. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, dan Jasa Bengkel Motor

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, dan Jasa Bengkel Motor
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum > Konsentrasi Keperdataan
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:38
Last Modified: 18 Jul 2018 04:38
URI: http://repository.ubb.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item