Utilisasi media sosial dan branding politik (studi terhadap penggunaan media sosial Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah Periode 2019-2024)

Anita Pisma, (NIM. 5021811001) (2024) Utilisasi media sosial dan branding politik (studi terhadap penggunaan media sosial Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah Periode 2019-2024). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)

Abstract

Media sosial telah menjadi platform utama dalam komunikasi politik modern, memungkinkan para politisi untuk membangun citra, menjangkau pemilih, dan menyampaikan pesan secara efektif. Studi ini mengkaji bagaimana penggunaan media sosial dan branding politik yang di tampilkan anggota DPRD Bangka Tengah pada laman media sosial mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis konten media sosial. Penelitian ini melibatkan wawancara dengan sejumlah anggota DPRD Bangka Tengah serta analisis terhadap akun media sosial mereka, termasuk Facebook, Tiktok, dan Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota DPRD Bangka Tengah aktif menggunakan media sosial untuk membangun dan mengelola citra politik mereka. Mereka memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok untuk menyebarluaskan informasi, berkomunikasi langsung dengan masyarakat, dan memperkuat keberadaan mereka di ruang publik. Strategi yang digunakan termasuk memposting konten yang relevan dengan isu lokal, melibatkan diri dalam diskusi, dan merespons pertanyaan serta komentar dari warga, sehingga menciptakan branding politik tersendiri bagi masing-masing anggota DPRD Bangka Tengah. Namun, dari beberapa anggota DPRD Bangka Tengah yang aktif menggunakan media sosial sebagai branding politik, masih ada anggota DPRD lainnya yang masih menggunakan sistem lama yaitu sosialisasi secara langsung dalam mempromosikan dirinya di masyarakat. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pemanfaatan media sosial dalam konteks branding politik di tingkat lokal dan memberikan rekomendasi bagi politisi untuk memanfaatkan media sosial secara lebih optimal dalam strategi komunikasi mereka.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Utilisasi media sosial; Branding politik; DPRD Bangka Tengah
Subjects: J Ilmu Politik > JA Political science (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:33
Last Modified: 04 Sep 2024 02:33
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item