Personal branding caleg perempuan terpilih pada pemilu legislatif 2024 di Provinsi Kep. Bangka Belitung (studi pada kemenangan Melati dan Dinda Rembulan)

Yessi Dwitasari, (NIM. 5022011033) (2024) Personal branding caleg perempuan terpilih pada pemilu legislatif 2024 di Provinsi Kep. Bangka Belitung (studi pada kemenangan Melati dan Dinda Rembulan). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)

Abstract

Pada Pemilu 2024, angka keterwakilan caleg perempuan di Bangka Belitung meningkat sebanyak 20% yaitu sebanyak 9 orang di DPRD Bangka Belitung, 1 DPR RI, dan 1 DPD RI. Meningkatnya angka keterwakilan perempuan di Bangka Belitung membuat peneliti tertarik melihat lebih lanjut tentang caleg perempuan terpilih pada Pemilu legislatif 2024. Caleg perempuan yang menjadi fokus penelitian yaitu Melati Caleg DPR RI (Partai Gerindra) dan Dinda Rembulan Caleg DPD RI dari Dapil Bangka Belitung yang berhasil meraup suara tertinggi. Penelitian ini menggunakan teori personal branding dari Montoya (2014) tentang membangun personal branding dengan menggunakan 6 (enam) konsep pada teori tersebut, yaitu The Law Of Specialization, The Law Of Leadership, The Law Of Distinctiveness, The Law Of Visibility, The Law Of Unity, The Law Of Goodwill. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua caleg memiliki personal branding yang berbeda dalam membangun kepercayaan masyarakat namun memiliki tujuan yang sama yaitu memenangkan kursi legislatif. Pada strategi personal branding kedua caleg yaitu, the law of specialization menonjolkan kemampuan perempuan bersaing dengan laki-laki dan menjadi diri sendiri, serta sebagai anak muda mengadopsi gaya komunikasi yang santai dan akrab namun tetap sopan, the law of leadership kedua caleg menunjukkan kepemimpinan yang merangkul masyarakat, the law of distinctiveness ingin membawa sesuatu yang segar dan berkarakter asli, serta memanfaatkan posisinya sebagai satu-satunya caleg perempuan di DPD RI, the law of visibility keduanya memanfaatkan media sosial untuk menampilkan personal branding dan membuka ruang diskusi dengan masyarakat, the law of unity keduanya memutuskan untuk menjadi diri sendiri karena ingin menampilkan personal branding yang sama dengan kehidupan seharihari, the law of goodwill mereka memberikan suatu hal yang positif secara konsisten untuk menjaga nama baik. Peran ganda, keterwakilan perempuan, dan posisi pemimpin menjadi tantangan tersendiri dalam membangun personal branding caleg perempuan terpilih sebagai upaya memenangkan Pemilu legislatif 2024 di Provinsi Kep. Bangka Belitung.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinda Rembulan; Melati; Pemilu; Perempuan; Personal branding
Subjects: J Ilmu Politik > JA Political science (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:16
Last Modified: 04 Sep 2024 02:16
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9949

Actions (login required)

View Item View Item