Rafizah Purnama, (NIM. 4012011020) (2024) Perlindungan hukum terhadap konsumen terkait penggunaan klausula eksonerasi pada nota transaksi usaha jasa laundry di Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Fenomena penggunaan klausula berbasis eksonerasi oleh pemilik jasa laundry di 5 tempat di Kota Pangkalpinang pada nota transaksi yang tidak sesuai dengan pasal yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan
Konsumen. Klausula ini mengakibatkan akses komplain konsumen kepada pelaku usaha jasa laundry menjadi terbatas, sehingga hak-hak yang dimiliki konsumen tidak terpenuhi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis
bagaimana perlindungan hukum serta bentuk tanggung jawab pemilik laundry terhadap konsumen terkait penggunaan klausula eksonerasi pada nota transaksi jasa laundry di Kota Pangkalpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian yuridis empiris, pendekatan yang digunakan ialah pendekatan peraturan perundang-undangan, teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam dan teknik analisisnya secara kualitatif. Hasil penelitian ini, pertama
perlindungan hukum preventif oleh pemerintah dengan membentuk Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta bekerjasama dengan instansi/lembaga terkait dalam melakukan pembinaan dan pengawasan, sedangkan perlindungan
hukum represif berupa pemberian sanksi perdata, sanksi administratif, dan sanksi pidana. Kedua, bentuk tanggung jawab dari pemilik jasa laundry dapat dikatakan belum maksimal dan tidak adanya pendataan terhadap komplain yang masuk dari konsumen. Diharapkan pemilik jasa laundry membuat pendataan terhadap komplain dan lebih memperhatikan pelayanan yang diberikan, serta sebagai konsumen harus meningkatkan kesadaran hukum akan hak-hak yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan hukum; Klausula eksonerasi; Konsumen; Usaha jasa Laundry |
Subjects: | K Hukum > K Law (General) L Pendidikan > L Education (General) Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi (Umum) > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Hukum > Hukum > Konsentrasi Keperdataan |
Depositing User: | Darma - |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 01:29 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 01:29 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9830 |
Actions (login required)
View Item |