Pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan intellectual capital (IC) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2023

Yolan Liani, (NIM. 3012011074) (2024) Pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan intellectual capital (IC) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2023. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nilai perusahaan penting karena nilai perusahaan yang tinggi akan membawa kesejahteraan yang besar bagi pemegang saham. Nilai perusahaan menggambarkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor. Nilai perusahaan yang tinggi tidak hanya mencerminkan kinerja perusahaan saat ini, namun juga menunjukkan kepercayaan pasar terhadap prospek perusahaan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Intellectual Capital (IC) terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh profitabilitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan berdasarkan dari kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sebanyak 33 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2021-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data berupa analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel. Hasil penelitian membuktikan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, Intellectual Capital (IC) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas mampu memoderasi pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas mampu memoderasi pengaruh Intellectual Capital (IC) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran serta referensi secara lebih mendalam dan mampu memberikan sumbangsih terhadap penelitian selanjutnya terkait nilai perusahaan, bagi perusahaan dapat menjadi bahan pertimbangan dan bahan evaluasi dalam mengambil suatu kebijakan yang dapat memberikan risiko bagi nilai perusahaan kedepannya, serta memberikan informasi terkait dengan pengambilan keputusan dalam investasi secara lebih efektif dan efisien bagi stakeholder.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, intellectual capital, nilai perusahaan, dan profitabilitas
Subjects: H Ilmu Sosial > HJ Keuangan Publik
Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi (Umum) > Z719 Libraries (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:02
Last Modified: 20 Aug 2024 01:02
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9734

Actions (login required)

View Item View Item