Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kinerja Pelayanan di Pelabuhan Laskar Pelangi Belitung

Dimas Prakoso, (NIM. 1041711058) (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kinerja Pelayanan di Pelabuhan Laskar Pelangi Belitung. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pelabuhan Laskar Pelangi Belitung memiliki kondisi fasilitas terminal penumpang yang
kurang memadai serta ketersediaan fasilitas terminal angkatan laut yang masih kurang,
sehingga mengakibatkan pelayanan yang diberikan oleh terminal terhadap penggunanya
kurang maksimum. Oleh karena itu perlu dilakukannya analisis terhadap tingkat kepuasan
penumpang terhadap kinerja pelayanan di pelabuhan Laskar Pelangi Belitung. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja
pelayanan di Pelabuhan Laskar Pelangi Belitung. Pengambilan data pelayanan terminal
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada penumpang sebanyak 180 orang.
Indikator dalam penelitian ini dibuat berdasarkan standar pelayanan penumpang angkatan
laut menurut PM Nomor 37 Tahun 2015. Hasil analisis tingkat kepuasan terhadap
pelayanan terminal penumpang dengan menggunakan metode simpel random sampling
didapatkan hasil jenis ketersediaan fasilitas keselamatan mempunyai tingkat kepuasan
persentase sebesar 71,67 % masuk dalam kategori Puas. Untuk jenis tingkat kepuasan
terhadap fasilitas keamanan dan ketertiban mempunyai nilai persentase sebesar 69,67 % masuk dalam kategori Puas. Untuk jenis tingkat kepuasan fasilitas kehandalan/keteraturan mempunyai nilai persentase sebesar 68,89% masuk dalam kategori Puas. Untuk jenis tingkat kepuasan fasilitas kenyamanan mempunyai nilai persentase sebesar 67,24 % masuk dalam kategori Cukup Puas. Untuk jenis tingkat kepuasan fasilitas kemudahan mempunyai nilai persentase sebesar 70,06 % masuk dalam kategori Puas, dan untuk jenis tingkat kepuasan terhadap fasilitas kesetaraan mempunyai nilai persentase sebesar 69,11 % masuk dalam kategori Puas. Kemudian didapat rata-rata tingkat kepuasan penumpang sesuai Gambar 4.19 sebesar 69,44 % masuk dalam kategori Puas. Metode analisis data yang digunakan yaitu Metode IPA (Importance Performance Analysis). Hasil analisis menggunakan metode IPA diperoleh yaitu pada kuadran 1 menunjukkan bahwa responden menganggap atribut fasilitas informasi gangguan keamanan (V6), fasilitas kemudahan untuk mendapatkan tiket (V8), fasilitas ruang tunggu (V10), fasilitas toilet (V12), dan fasilitas lampu penerangan (V14) sangat penting namun responden merasa tidak puas terhadap pelayanan atribut tersebut dan pada kuadran 2 menunjukkan bahwa responden menganggap atribut fasilitas keselamatan (V1), fasilitas Kesehatan (V2), fasilitas keamanan dan ketertiban (V3), fasilitas naik turun penumpang dari dan ke kapal (V4), fasilitas jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal (V9), fasilitas ruang pelayanan Kesehatan (V17), fasilitas informasi angkutan lanjut (V21) dan fasilitas tempat parkir (V24) sangat penting dan sangat puas terhadap pelayanan atribut tersebut.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan, Fasilitas Terminal, Angkatan Laut,Tingkat Kepuasan, Kinerja Pelayanan, Penumpang.
Subjects: T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:20
Last Modified: 27 Sep 2024 08:20
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9630

Actions (login required)

View Item View Item