Rancang bangun alat pengukur torsi dan gaya sepeda motor sederhana

Bendi Winata, (NIM. 1011711047) (2024) Rancang bangun alat pengukur torsi dan gaya sepeda motor sederhana. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Dengan berkembang pesatnya dunia otomotif di Indonesia terutama di
Bangka Belitung, hal tersebut berpengaruh pula terhadap perkembangan alat yang
ada bengkel-bengkel terutama di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Bangka
Belitung, Salah satunya adalah pengukuran torsi dan daya pada sepeda motor
menggunakan hanging scale digital/ timbangan digital. Penelitian mengenai alat
sederhana untuk mengukur torsi sepeda motor bertujuan untuk bagaimana
merancang alat ukur sederhana dan bagaimana kinerja alat ukur sederhana pada
sepeda motor. Alat pengukur torsi dan gaya sepeda motor sederhana dirancang
dengan metode french yang meghasilkan panjang alat 900 mm, Lebar 400 mm dan
Tinggi 630 mm dengan transmisi penghubung poros roller ke flywheel mengunakan
pulley dan V-belt. Pengujian dilakukan sebanyak 3 kali dari sepeda motor dengan
kecepatan 2000 rpm. Pengujian ini mengunakan bahan uji sepeda motor honda beat
dan sepeda motor honda scoopy 110 cc dengan cara uji coba alat sederhana
pengukur torsi ini dengan meletakan roda belakang sepeda motor pada roller yang
berputar menuju flywheel yang dihubungkan oleh pulley dan V-belt, lalu dengan
kecepatan 2000 rpm speedometer hingga putaran flywheel stabil, kemudian
kencangkan rachet tie down yang terhubung ke hanging scale digital dan terhubung
oleh tali webbing kopel pada poros flywheel sehingga putaran roda motor behenti
dan mehasilkan gaya. Dari pengujian didapatkan hasil rata-rata pada motor honda
beat 110 cc dengan diameter roda 517,6 mm dihasilkan gaya sebesar 442,67 N, torsi
poros 5621,87 Nmm dan torsi roda 275,88 Nmm. Dan rata-rata pada motor honda
scoopy 110 cc dengan diameter roda 484,8 mm dihasilkan gaya sebesar 423,00 N,
torsi poros 5372,10 Nmm dan torsi roda 281,46 Nmm. Akurasi alat pada pengujian
pada sepeda motor honda beat sebesar 60,14 % dan akurasi alat pada pengujian
sepeda motor honda scoopy sebesar 56,48 %.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sepeda Motor, Torsi, Alat Pengukur Torsi
Subjects: T Teknologi > T Teknologi (UMUM)
T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan
T Teknologi > TS Manufactures
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:35
Last Modified: 13 Aug 2024 06:35
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9567

Actions (login required)

View Item View Item