Wahyu Prihati, (NIM. 1042011026) (2024) Analisis Efektifitas Speed Bump dan Speed Hump terhadap Penurunan Kecepatan Kendaraan di Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (937kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Alat pembatas kecepatan merupakan bagian dari prasarana jalan yang berfungsi sebagai peredam kecepatan atau pengendali kecepatan suatu kendaraan yang melewati jalan tersebut. Fasilitas alat pembatas kecepatan ini dikenal dengan berbagai jenis, diantaranya speed bump, speed hump dan speed table. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas alat pembatas kecepatan terhadap penurunan kecepatan kendaraan dan spesifikasi dimensi alat pembatas kecepatan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2021. Metode penelitian ini menggunakan metode kecepatan setempat yaitu dengan mengukur kecepatan kendaraan normal dan kecepatan kendaraan saat melintasi polisi tidur. Penelitian ini dilakukan pada sepuluh ruas jalan yang ada di Kota Pangkalpinang. Dari hasil analisa diperoleh alat pembatas kecepatan jenis speed bump pada Jalan Sumedang telah sesuai spesifikasi dimensi standar Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2021 dengan efektifitas penurunan yang dihasilkan sebesar 35% untuk sepeda motor dan 36% untuk mobil. Sedangkan alat pembatas kecepatan jenis speed hump pada Jalan Tangsi tidak sesuai spesifikasi karena kelandaiaanya >15% dan efektifitas penurunan yang dihasilkan sebesar 6% untuk sepeda motor dan 8% untuk mobil. Hal ini menunjukan bahwa alat pembatas kecepatan jenis speed bump lebih memberikan efektifitas penurunan kecepatan dibandingkan dengan alat pembatas kecepatan jenis speed hump.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Speed Bump, Speed Hump, Pengendali Kecepatan, dan PM Nomor 14 Tahun 2021 |
Subjects: | T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum) |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 01:28 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 01:28 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9402 |
Actions (login required)
View Item |