Fadiyah Hazimah, (NIM. 1042011039) (2024) Pengaruh Perilaku Pengendara Sepeda Motor terhadap Tingkat Kecelakaan dengan Menggunakan Structural Equation Modeling di Kecamatan Sungailiat. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kecelakaan adalah kejadian yang tidak terduga dan tidak diinginkan. Faktor manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam kecelakaan. Pada 7 tahun terakhir ini Kecamatan Sungailiat menjadi penyumbang angka kecelakaan terbanyak di Kabupaten Bangka. Kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan adalah sepeda motor. Metode yang digunakan adalah Strucutural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 26 dan kuisioner diberikan kepada 400 responden. Karakteristik responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 59,25%, responden berumur 16 tahun – 20 tahun sebanyak 30,5%, mayoritas responden telah memiliki SIM yaitu sebanyak 72,25%, pekerjaan responden didominasi dengan pelajar/mahasiswa sebanyak 36,5%, tingkat pendidikan responden didominasi dengan yang memiliki tingkat pendidikan SMA/SMK sebanyak 63,5%, pengalaman berkendara responden didominasi dengan yang memiliki pengalaman berkendara selama 6 tahun – 10 tahun sebanyak 32%, lama berkendara responden dalam sehari didominasi oleh responden dengan lama berkendara selama 2-3 jam sebanyak 40,5%. Responden yang tidak pernah mengalami kecelakaan selama tahun 2024 sebanyak 90,75%. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor pengetahuan berpengaruh sebesar 40,6% terhadap tingkat penurunan kecelakaan, sikap disiplin berpengaruh sebesar 19,1% terhadap tingkat penurunan kecelakaan, dan perawatan kendaraan berpengaruh berpengaruh sebesar 33,1% terhadap tingkat penurunan kecelakaan, serta tiap faktor memiliki hubungan yang signifikan, sehingga dapat mempengaruhi antara satu faktor dengan faktor lain.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan, Kecamatan Sungailiat, Faktor Manusia, SEM, dan AMOS |
Subjects: | T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum) |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 01:25 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 01:25 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9401 |
Actions (login required)
View Item |