Anindia Ayuningtias, (NIM. 1041711023) (2024) Model Risiko Keselamatan Jalan di Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Jalan di Kota Pangkalpinang memiliki potensi risiko terhadap keselamatan jalan yang dapat membahayakan bagi pengguna jalan. Oleh karena itu perlu dilakukan pemodelan terhadap risiko keselamatan jalan di Kota Pangkalpinang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memodelkan risiko keselamatan jalan di Kota Pangkalpinang. Jumlah responden sebanyak 400 orang yang tersebar di 7 kecamatan di Kota Pangkalpinang yaitu Rangkui, Bukit Intan, Girimaya, Pangkal Balam, Gabek, Tamansari, dan Gerunggang. Analisis model risiko keselamatan jalan dilakukan dengan analisis regresi linear berganda metode stepwise. Faktor-faktor risiko keselamatan jalan dibagi dalam 21 kategori yaitu Kondisi jalan (X1), Lebar lajur (X2), Bahu jalan yang diperkeras (X3), Kelandaian (Grade) (X4), Kelengkungan (X5), Centerline rumbel strip (X6), Shoulder rumble strip (X7), Kanalisasi pada persimpangan (X8), Ketersediaan trotoar (X9), Fasilitas penyeberangan untuk pejalan kaki (X10), Fasilitas untuk pengguna sepeda (X11), Fasilitas untuk pengguna sepeda motor (X12), Hambatan jarak pandang (X13), Lampu penerangan jalan (X14), Peringatan kawasan sekolah (X15), Manajemen kecepatan (X16), Delineasi (X17), Tingkat keparahan dari sisi jalan terhadap jenis objek (X18), Tingkat keparahan dari jarak antara tepi jalan dengan objek sisi jalan (X19), Kualitas penyeberangan untuk pejalan kaki (X20), dan Kualitas persimpangan (X21). Metode analisis menggunakan analisis statistik. Model risiko keselamatan jalan di Kota Pangkalpinang menggunakan metode enter yaitu Y = 3,797 + 0,222X1 – 0,124X2 + 0,145X3 + 0,260X4 – 0,302X5 – 0,254X6 + 0,332X7 + 0,151X8 – 0,070X9 – 0,054X10 + 0,343X11 – 0,209X12 – 0,505X13 – 0,013X14 – 0,110X15 – 0,515X16 + 0,263X17 – 0,035X18 + 0,025X19 + 0,255X20 + 0,046X21. Dengan metode stepwise diperoleh persamaan Y = 3,884 + 0,274X20 – 0,521X16 + 0,352X11 – 0,143X2 + 0,267X4 – 0,518X13 + 0,142X8 – 0,224X12 + 0,211X1 + 0,256X17 – 0,300X5 + 0,345X7 – 0,261X6 – 0,125X15 + 0,147X3 – 0,071X9. Nilai koefisien korelasi (R) didapatkan sebesar 0,941 dan nilai koefisien determinasi (R2) didapatkan sebesar 0,881.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keselamatan jalan; risiko keselamatan; model risiko; lalu lintas; Kota Pangkalpinang |
Subjects: | T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum) |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 02:10 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:10 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9305 |
Actions (login required)
View Item |