Model Risiko Keselamatan Jalan di Kota Pangkalpinang

Anindia Ayuningtias, (NIM. 1041711023) (2024) Model Risiko Keselamatan Jalan di Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Jalan di Kota Pangkalpinang memiliki potensi risiko terhadap keselamatan jalan yang dapat membahayakan bagi pengguna jalan. Oleh karena itu perlu dilakukan pemodelan terhadap risiko keselamatan jalan di Kota Pangkalpinang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memodelkan risiko keselamatan jalan di Kota Pangkalpinang. Jumlah responden sebanyak 400 orang yang tersebar di 7 kecamatan di Kota Pangkalpinang yaitu Rangkui, Bukit Intan, Girimaya, Pangkal Balam, Gabek, Tamansari, dan Gerunggang. Analisis model risiko keselamatan jalan dilakukan dengan analisis regresi linear berganda metode stepwise. Faktor-faktor risiko keselamatan jalan dibagi dalam 21 kategori yaitu Kondisi jalan (X1), Lebar lajur (X2), Bahu jalan yang diperkeras (X3), Kelandaian (Grade) (X4), Kelengkungan (X5), Centerline rumbel strip (X6), Shoulder rumble strip (X7), Kanalisasi pada persimpangan (X8), Ketersediaan trotoar (X9), Fasilitas penyeberangan untuk pejalan kaki (X10), Fasilitas untuk pengguna sepeda (X11), Fasilitas untuk pengguna sepeda motor (X12), Hambatan jarak pandang (X13), Lampu penerangan jalan (X14), Peringatan kawasan sekolah (X15), Manajemen kecepatan (X16), Delineasi (X17), Tingkat keparahan dari sisi jalan terhadap jenis objek (X18), Tingkat keparahan dari jarak antara tepi jalan dengan objek sisi jalan (X19), Kualitas penyeberangan untuk pejalan kaki (X20), dan Kualitas persimpangan (X21). Metode analisis menggunakan analisis statistik. Model risiko keselamatan jalan di Kota Pangkalpinang menggunakan metode enter yaitu Y = 3,797 + 0,222X1 – 0,124X2 + 0,145X3 + 0,260X4 – 0,302X5 – 0,254X6 + 0,332X7 + 0,151X8 – 0,070X9 – 0,054X10 + 0,343X11 – 0,209X12 – 0,505X13 – 0,013X14 – 0,110X15 – 0,515X16 + 0,263X17 – 0,035X18 + 0,025X19 + 0,255X20 + 0,046X21. Dengan metode stepwise diperoleh persamaan Y = 3,884 + 0,274X20 – 0,521X16 + 0,352X11 – 0,143X2 + 0,267X4 – 0,518X13 + 0,142X8 – 0,224X12 + 0,211X1 + 0,256X17 – 0,300X5 + 0,345X7 – 0,261X6 – 0,125X15 + 0,147X3 – 0,071X9. Nilai koefisien korelasi (R) didapatkan sebesar 0,941 dan nilai koefisien determinasi (R2) didapatkan sebesar 0,881.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: keselamatan jalan; risiko keselamatan; model risiko; lalu lintas; Kota Pangkalpinang
Subjects: T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:10
Last Modified: 04 Jul 2024 02:10
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9305

Actions (login required)

View Item View Item