Holipah Septrianingsih, (NIM. 3012011045) (2024) Pengaruh literasi keuangan, social media influencer, dan fear of missing out terhadap minat investasi di pasar modal dengan perilaku keuangan pada mahasiswa sebagai variabel moderasi (studi kasus galeri investasi bursa efek indonesia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Investasi merupakan salah satu keputusan keuangan terkait penundaan konsumsi dimasa kini guna memasukkan kemampuan aktiva yang dimiliki agar lebih produktif dimasa mendatang. Perkembangan teknologi digital memberikan indikasi yang baik terhadap peningkatan minat investasi dikalangan mahasiswa. Namun, perkembangan ini menjadi pertanyaan ketika tidak disertai dengan bekal yang matang dari sisi investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, social media influencer dan fear of missing out terhadap minat investasi. Selain itu, dalam penelitian ini juga menghadirkan variabel moderasi perilaku keuangan. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Sampling Jenuh, maka diperoleh 120 mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Studi Pasar Modal sebagai kepengurusan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui metode pengumpulan data dokumentasi dan kuesioner online. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif secara signifikan antara variabel literasi keuangan, social media influencer dan fear of missing out terhadap minat investasi. Perilaku keuangan pada pun mampu memoderasi pengaruh literasi keuangan terhadap minat investasi. Namun, perilaku keuangan mahasiswa tidak dapat memoderasi hubungan antara social media influencer dan fear of missing out terhadap minat investasi.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi keuangan, social media influencer, fear of missing out, minat investasi, dan perilaku keuangan |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Accounting H Ilmu Sosial > HJ Keuangan Publik |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Nia Erawati |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:31 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:31 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9169 |
Actions (login required)
View Item |