Pengaruh diameter tabung pembakaran terhadap karakteristik api dan waktu pemanasan air pada kompor multifuel

Muhammad Satya Putra Gantada, (NIM. 1012011006) (2024) Pengaruh diameter tabung pembakaran terhadap karakteristik api dan waktu pemanasan air pada kompor multifuel. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kompor multifuel adalah sebuah inovasi dari kompor konvensional yang memiliki kelebihan berupa kemampuan untuk menggunakan berbagai jenis bahan bakar. Dalam pengoperasiannya, kompor multifuel terdiri dari banyak komponen penting, salah satunya adalah tabung pembakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh dari variasi diameter tabung pembakaran terhadap karakteristik api dan temperatur air selama proses pemanasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi antara kajian eksperimen dan studi literatur. Variasi diameter tabung pembakaran yang diuji adalah 4, 5, dan 6 inci dengan menggunakan oli bekas dan minyak tanah sebagai bahan bakarnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peningkatan diameter tabung pembakaran cenderung mempercepat padamnya api hal itu dipengaruhi oleh suatu fenomena yang bernama quenching effect. Sementara itu, temperatur api cenderung lebih rendah dengan peningkatan diameter tabung. Warna api dan temperatur air tidak terlalu dipengaruhi oleh variasi diameter tabung dan jenis bahan bakar. Temperatur api tertinggi tercatat pada tabung 4 inci dengan bahan bakar oli bekas, mencapai 719,2°C, sementara lama waktu nyala api terlama adalah 16,92 menit pada tabung 4 inci dengan bahan bakar oli bekas. Kesimpulannya, kinerja oli bekas dapat melampaui kinerja minyak tanah.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompor, Api, Kompor Multifuel, Tabung Pembakaran
Subjects: T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:20
Last Modified: 01 Aug 2024 03:20
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9147

Actions (login required)

View Item View Item