Pengaruh corporate social responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan firm size sebagai variabel moderasi (studi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022)

Elga, (NIM. 3012011008) (2024) Pengaruh corporate social responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan firm size sebagai variabel moderasi (studi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan harga yang harus dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan dijual. Nilai perusahaan didefinisikan sebagai nilai pasar. Nilai perusahaan juga sering diartikan sebagai persepsi atau pandangan investor terhadap tingkat keberhasilan suatu perusahaaan yang seringkali dikaitkan dengan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan firm size sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 17 perusahaan dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility dan profitabilitas, sedangkan variabel dependen adalah nilai perusahaan, dan variabel moderasi adalah firm size. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil penelitian Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan firm size berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Firm size mampu memoderasi pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dan Firm size tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, profitabilitas, firm size, nilai perusahaan
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:52
Last Modified: 24 Apr 2024 07:53
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/9040

Actions (login required)

View Item View Item