Leni Dwi Oktaviyanti, (NIM. 5011811031) (2023) Penerapan metode pembelajaran secara daring pada mata pelajaran sosiologi selama masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 3 Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Covid-19 menyebabkan hampir seluruh sektor kehidupan terkena dampak dari wabah Covid-19, salah satunya di sektor pendidikan yaitu mengubah metode pembelajaran secara tatap muka atau luring menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring yang berpengaruh terhadap semua mata pelajaran salah satunya adalah Sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran secara daring pada mata pelajaran Sosiologi selama masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pangkalpinang. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial yang digagas oleh Max Weber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah guru Sosiologi dan siswa jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Penelitian ini menemukan dua hal penting dalam penerapan metode pembelajaran Sosiologi. Pertama, tindakan instrumental, guru Sosiologi mengajar mata pelajaran secara daring melalui platform Youtube, Google Classmeet, dan sebagainya hanya sebatas berbagi materi dan koreksi penugasan karena pertimbangan keterbatasan jarak, waktu, dan biaya, namun mengabaikan faktor pemahaman siswa terhadap materi, diskusi, dan kerja sama (interaksi sosial) sebagai substansi pembelajaran sosiologi. Kedua, tindakan afektif (affectual action) yang lebih difokuskan pada faktor emosional dan afektif lebih banyak dilakukan oleh guru sosiologi yang merasa berhasil memenuhi perannya sebagai guru dengan memberikan materi kepada siswa. Namun, siswa merasa kurang mengerti karena materinya membosankan dan kurang variasi.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19; Metode Pembelajaran Daring; Tindakan Sosial |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HM Sosiologi |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Darma - |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:29 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:29 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8904 |
Actions (login required)
View Item |