Grasela Lia Endah Lestari, (NIM. 1041811011) (2024) Analisis Kinerja Pelayanan Operasional Peti Kemas di Pelabuhan Tanjungpandan Kabupaten Belitung. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelabuhan Tanjungpandan merupakan akses utama pergerakan keluar masuknya barang di Kabupaten Belitung. Salah satu sarana angkut barang di pelabuhan ini adalah peti kemas. Setiap tahunnya penggunaan peti kemas di pelabuhan ini semakin meningkat. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis terhadap kinerja pelayanan operasional peti kemas di pelabuhan Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja pelayanan operasional peti kemas di pelabuhan Tanjungpandan pada kondisi eksisting serta memprediksi kinerja pelayanan pelabuhan untuk proyeksi 10 tahun mendatang. Standar kinerja pelayanan yang digunakan mengacu pada standar keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.002/38/18/DJPL.11 tentang standar kinerja pelayanan operasional pelabuhan. Data primer yang diperlukan yaitu jumlah peralatan dan waktu kerja tiap peralatan menangani bongkar muat, jumlah tambatan kapal pengangkut peti kemas, jumlah gang kerja penanganan bongkar muat, serta jumlah peti kemas tersimpan di lapangan penumpukan. Data sekunder yang diperoleh dari PT. PTP Cabang Tanjungpandan. Data tersebut berupa arus peti kemas dan arus kapal dari tahun 2015 hingga tahun 2022, dwelling time, dimensi dermaga, dimensi kapal, luas lapangan penumpukan peti kemas, serta kapasitas peti kemas di lapangan penumpukan. Indikator kinerja pelayanan operasional yang digunakan adalah berupa BOR, YOR, BTP, Kᴅ dan produktivitas peralatan bongkar muat. Hasil analisis menunjukkan nilai BOR, YOR, BTP, Kᴅ, serta produktivitas peralatan penanganan bongkar muat berdasarkan standar yang digunakan dikategorikan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai pada kondisi eksisting untuk BOR sebesar 15,16%, YOR sebesar 16,92%, BTP sebesar 170 TEUs/m/th, serta Kᴅ sebesar 30469 TEUs/th dan untuk proyeksi 10 tahun mendatang nilai BOR sebesar 18,14%, YOR sebesar 20,33%, BTP sebesar 204 TEUs/m/th, serta Kᴅ sebesar 36548 TEUs/th. Produktivitas peralatan penanganan bongkar muat peti kemas berupa crawler crane, forklift dan reach stacker dikategorikan baik, dengan nilai produktivitas crawler crane sebesar 16 box/jam, forklift sebesar 14 box/jam, reach stacker sebesar 22 box/jam, dan nilai produktivitas alat head truck and chasis sebesar 9 box/jam (kurang baik). Jadi, dapat disimpulkan bahwa kinerja pelayanan operasional peti kemas di pelabuhan Tanjungpandan termasuk kategori baik dengan nilai BOR < 70% dan YOR < 65%.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Pelayanan, Pelabuhan, Peti Kemas, Angkutan Barang, dan Produktivitas Alat |
Subjects: | T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum) |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 08:26 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 08:26 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8894 |
Actions (login required)
View Item |