Tiara Elgi Fienda, - (2023) Memprioritaskan pendidikan lingkungan dalam membangun kepedulian (Sebuah studi relasi manusia dan lingkungan). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3 (2). pp. 318-323. ISSN 2798-365X
Text
Artikel Jurnal Tiara Elgi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya suatu pendidikan moral lingkungan kepada pelajar dan
mahasiswa bertujuan menumbuhkan timbal balik tanggung jawab atas jasa
juang angkatan yang lalu maupun kepada angkatan berikutnya yang akan
mewarisi peradaban tanah air. Pertarungan antara kepentingan bisnis,
masyarakat, dan alam, acapkali terjadi dimana alam pun seringkali
dikalahkan untuk mengutamakan kepentingan ekonomi. Tujuan dari studi
ini adalah untuk melihat relasi manusia dan lingkungan dalam konteks
Pendidikan dan pembangunan. Bagaimana Pendidikan lingkungan hidup
yang cukup akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia yang lebih
ramah kepada kondisi lingkungan. Studi ini menggunakan metode
penelitian studi literatur dengan mengumpulkan sumber literatur dari buku,
artikel jurnal, dan sumber pustaka lain yang relevan dan mendukung untuk
membangun diskusi Pendidikan dalam ranah pengetahuan lingkungan.
Mengutip pendapat Paul Robbins tentang pentingnya pengambil kebijakan
adalah untuk memahami konteks dan urgensi pentingnya menjaga
kestabilan kondisi lingkungan, mampu memberikan argumentasi yang
cukup kuat bahwa Pendidikan lingkungan hidup tidak terbatas untuk
siapapun dan membutuhkan waktu yang cukup. Tidak ada yang bisa
menjamin, sampai kapan SDA yang tersedia akan mampu memenuhi
kebutuhan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan; kepedulian; manusia; lingkungan; relasi; |
Subjects: | G Geografi. Antropologi. Rekreasi > GF Human ecology. Anthropogeography |
Divisions: | KARYA TULIS DOSEN > Ilmu Politik |
Depositing User: | Mr Jan Frist Pagendo Purba |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 06:37 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 06:37 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8877 |
Actions (login required)
View Item |