Rolis Agustin, (NIM. 5011911054) (2024) Interaksi anak autis dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan keluarga dan lingkungan sosial di sekolah luar biasa negeri koba Bangka Tengah. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan mengenai interaksi anak autis dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan keluarga dan lingkungan sosial di SLBN Koba Bangka Tengah, Jl Simpang Jongkong Desa Nibung Kecamatan Koba, Kepulauan Bangka Belitung yang mana dengan adanya SLBN ini membantu memberikan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus salah satunya Autis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa yang dapat membantu perkembangan komunikasi dan interaksi pada anak autis serta bagaimana bentuk interaksi anak autis setelah keluarga mengetahui faktor yang dapat membantu perkembangan komunikasi anak mereka. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik oleh George Herbert Mead sebagai pisau analisis. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol dan isyarat efektif sebagai media anak autis dalam membantu perkembangan komunikasi dan interaksi mereka dengan orangtua dan juga guru di sekolahnya. Simbol yang ditunjukkan anak autis pada saat berkomunikasi dan berinteraksi yakni berupa simbol bahasa lisan dan bahasa tubuh/gestur sehingga dari hal tersebut terlihat bentuk interaksi yang terjadi pada anak autis ditandai dengan simbol yang mereka tunjukkan. Hal ini tentunya memudahkan orangtua dan guru dalam berkomunikasi karena sudah memahami simbol-simbol yang ditunjukkan oleh anak autis sehingga dapat tercipta hubungan komunikasi yang baik antara keduanya.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi anak autis; Kemampuan berkomunikasi; Keluarga; Lingkungan sosial |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HM Sosiologi |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Darma - |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 01:55 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 01:55 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8804 |
Actions (login required)
View Item |