Analisis pemasaran bawang daun di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur

Dewi Agustin, (NIM. 2051911001) (2023) Analisis pemasaran bawang daun di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. skripsi thesis, Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei dan bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran bawang daun yang diproduksi di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur, menghitung marjin pemasaran bawang daun
yang diproduksi di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur dan menganalisis efisiensi pemasaran bawang daun yang diproduksi di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan adalah metode accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran bawang daun di Kecamatan Gantung hanya terdiri dari 3 saluran yaitu saluran 0 (petani-konsumen akhir), saluran 1 (petani-pedagang pengecer-
konsumen), sedangkan pada saluran 2 (petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen akhir). Berdasarkan nilai efisiensi dari masing-masing lembaga pemasaran bawang daun semuanya efisien karena memiliki nilai <50%, masing-masing saluran dengan nilai 9,43%, 9,12% dan 22,34%. Sedangkan farmer’s share pada saluran 0, saluran 1 dan saluran 2 adalah 100%, 84,21% dan 71,42%. Hal tersebut menunjukkan bahwa saluran 0 paling efisien dikarenakan memiliki nilai tingkat paling kecil (9,12%) dan nilai farmer’s share tertinggi (100%).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bawang Daun; Efisiensi Pemasaran; Marjin Pemasaran; Saluran Pemasaran
Subjects: H Ilmu Sosial > HC Sejarah dan Kondisi Ekonomi
S Pertanian > S Pertanian (Umum)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 17 Nov 2023 04:05
Last Modified: 17 Nov 2023 04:05
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8494

Actions (login required)

View Item View Item