Analisis marketing politik partai Nasdem dalam meraih posisi 3 besar pada pemilu 2019 di Kabupaten Karo

Julio Ronaldo Purba, (NIM. 5021711022) (2023) Analisis marketing politik partai Nasdem dalam meraih posisi 3 besar pada pemilu 2019 di Kabupaten Karo. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk strategi marketing politik serta faktor-faktor yang menjadikan Partai Nasdem meraih posisi 3 besar pada pemilu 2019 di Kabupaten Karo. Sebagai partai baru yang mengikuti pemilu pertama yakni pada tahun 2014 di Kabupaten Karo, ternyata mampu meraih kemenangan menjadi partai dominan di pemilu tahun 2019 dengan perolehan suara peringkat kedua dengan perolehan suara sebanyak 29.912. Partai Nasdem untuk pertama kali mengikuti kontestasi pada pemilu 2014 dengan hasil hanya mendapatkan 1 kursi DPRD Kabupaten Karo. Pemilu yang diselengarakan pada tahun 2019 Partai Nasdem mampu meraih perolehan suara secara singnifikan dan mampu mendapatkan 4 kursi DPRD Kabupaten Karo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori marketing politik (pemasaran politik) oleh Denny JA. 8P dalam proses pemasaran politik model Denny JA dalam penelitian ini yaitu, Pro-Innovation, Public opinion, Polling, Profiling (voter segmentation), Positioning, Product, Pull marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang sumber data primer didapatkan dari hasil wawancara tidak terstruktur dengan jumlah 6 informan. Analisis data memiliki tiga tahapan yaitu, reduksi data, display data (penyajian data), dan verifikasi penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan strategi marketing politik yang dilakukan oleh Partai Nasdem dengan analisis menggunakan teori Denny JA, dari 8P strategi yang dilakukan yakni menggunakan tokoh-tokoh yang berpengaruh untuk membantu mendapatkan suara terbanyak di pemilu 2019 dan analisis straetgi marketing politik yang dilakukan oleh peneliti pada pendekatan teoritis peneliti menemukan Partai Nasdem meraih kemenangan yakni menggunakan 3 strategi marketing yaitu Polling, Profiling, dan Pull Marketing dengan melihat orientasi politik yang mempengaruhi keputusan politik dari masyarakat karo.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemilu; strategi; partai; marketing politik
Subjects: J Ilmu Politik > JA Political science (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:10
Last Modified: 02 Nov 2023 02:10
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

View Item View Item