Edi Safitra, (NIM. 1031811027) (2023) Usaha peningkatan laju pemindahan tanah pada kapal keruk 21 singkep 1 PT Timah Tbk di Perairan Air Kantung Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan di Unit Penambangan Laut Bangka PT Timah Tbk pada Kapal Keruk 21 Singkep 1 yang berada di Perairan Air Kantung Kabupaten Bangka. Kapal Keruk 21 Singkep 1 merupakan kapal yang dioperasikan untuk penambangan bijih timah di laut (offshore). Laju pemindahan tanah yang dicapai sebesar 509,05 m3 /jam belum memenuhi target sebesar 600 m3 /jam sehingga perlu dilakukan optimalisasi pada unit penggalian. Metode penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu mendeskripsikan, meneliti dan menjelaskan sesuatu serta menarik kesimpulan dari fenomena yang diamati menggunakan angka-angka. Analisis upaya peningkatan laju pemindahan tanah menggunakan dua variabel pengaruh yakni kedalaman penenkanan ladder dan kecepatan tarik kawat samping. Perhitungan laju pemindahan tanah pada lapisan tanah atas disesuaikan dengan kapasitas pemindahan tanah teoritis (978 m3 /jam) dan lapisan kaksa bertimah disesuaikan dengan kapasitas jig primer (600 m3 /jam). Data primer berupa data lebar kolong kerja, kedalaman penekanan ladder aktual, dan kecepatan tarik kawat samping pada penggalian lapisan tanah atas dan kaksa bertimah. Data penunjang yang diperlukan dalam analisis berupa mekanisme penggalian, faktor hambatan penggalian serta, data produksi actual dan spesifikasi kapal. Usaha peningkatan laju pemindahan tanah dilakukan dengan mengubah pengaturan kedalaman penekanan ladder dan kecepatan tarik kawat samping. Untuk mencapai laju pemindahan tanah teoritis sebesar 978 m3 /jam pada pengggalian lapisan tanah atas dapat dicapai dengan pengaturan kedalaman penekanan ladder sebesar 0,46 meter pada kecepatan tarik kawat samping sebesar 7,98 meter/menit. Atau dapat dicapai dengan pengaturan kecepatan tarik kawat samping sebesar 9,24 meter/menit pada kedalaman penekanan ladder sebesar 0,40 meter. Laju pemindahan tanah pada penggalian lapisan kaksa bertimah sebesar 600 m3 /jam dapat dicapai dengan pengaturan kedalaman penekanan ladder sebesar 0,28 meter pada kecepatan tarik kawat samping sebesar 8,16 meter/menit, atau dapat dicapai dengan pengaturan kecepatan tarik kawat samping sebesar 9,87 meter/menit pada kedalaman penekanan ladder sebesar 0,23 meter.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laju Pemindahan Tanah, Ladder, dan Kecepatan Tarik Kawat Samping |
Subjects: | T Teknologi > TN Teknik Pertambangan. Metalurgi |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan |
Depositing User: | Mr Jan Frist Pagendo Purba |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 03:45 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 03:45 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8306 |
Actions (login required)
View Item |