Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga Pada Ruas Jalan TPI Ketapang Kecamatan Bukit Intan

David, (NIM. 1041611014) (2023) Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga Pada Ruas Jalan TPI Ketapang Kecamatan Bukit Intan. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ruas jalan TPI Ketapang merupakan salah satu jalur strategis yang berada di Kawasan Kota Pangkalpinang karena berada pada kawasan pengembangan industri, dekat dengan Pelabuhan Pangkalbalam, Kawasan Pelabuhan Penangkapan Ikan (PPI) serta Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Dengan lokasinya yang berada pada kawasan industri, ruas jalan TPI Ketapang harus melayani beban kendaraan berat serta volume kendaraan yang cukup padat setiap hari. Kerusakan Jalan TPI Ketapang terjadi sepanjang jalan yaitu dimulai dari STA 0+000 sampai dengan STA 2+620 yang berdampak terhadap kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian terhadap kerusakan jalan yang terjadi di Jalan TPI Ketapang. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi kerusakan jalan adalah Metode Bina Marga (TP3JK No. 018/T/BNKT/1990). Jalan ini dibagi menjadi 105 segmen dimana setiap segmen jalan panjangnya 25 meter. Identifikasi kerusakan jalan dilakukan per segmen jalan dengan menggunakan indikator yang terdiri dari: jenis kerusakan, tipe kerusakan, dan dimensi kerusakan. Hasil analisis menunjukan bahwa jenis kerusakan yang terjadi pada jalan TPI Ketapang terdiri dari kerusakan retak kulit buaya (0,034%), retak halus (0,113%), retak pinggir (0,058%), lubang (0,217%), tambalan (0,662%), pelepasan butir (0,111%), dan pengelupasan aspal (0,077%). Total kerusakan yang terjadi pada jalan TPI Ketapang sebesar 1,299% dari luas total jalan yang ditinjau yaitu 18340 m2 dimana 98,771% jalan TPI Ketapang dalam kondisi baik untuk digunakan. Jumlah angka kerusakan Jalan TPI Ketapang adalah 13,5 dengan nilai kondisi jalan 5. Nilai Urutan Prioritas (UP) yang diperoleh sebesar 10 dengan kategori kerusakan ringan. Oleh karena itu, penanganan yang diperlukan dalam mengatasi kerusakan jalan TPI Ketapang adalah program pemeliharaan rutin.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jalan TPI Ketapang, Kerusakan Jalan, Kondisi Jalan, Urutan Prioritas, Program Pemeliharaan
Subjects: T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:09
Last Modified: 14 Dec 2023 03:09
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/8047

Actions (login required)

View Item View Item