Aloysius Hardika Manalu, (NIM. 1031611009) (2023) Kajian teknis pengaruh kondisi jalan terhadap cycle time kegiatan pengangkutan pada PT Babel Utama Korpora di Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pada penelitian ini melakukan pengamatan dan pengambilan data aktual mengenai kondisi aktual jalan angkut tambang dan mengkaji pengaruhnya terhadap nilai cycle time alat angkut serta upaya perbaikan. Jalan angkut yang dilakukan pengamatan yaitu jalan angkut dari loading point hingga ke stockpile di PT Babel Utama Korpora memiliki kondisi segmen yang melebihi standar jalan angkut tambang. Metode dengan mengambil data secara langsung dilapangan berupa data kecepatan alat angkut, panjang per segmen, elevasi jalan, waktu edar berupa pengambilan posisi alat angkut saat sebelum loading maupun sebelum dumping, spot time alat angkut, pengisian material, hingga waktu menumpahkan material. Alat angkut yang digunakan yaitu Dump Truck Dyna 130HT dan diambil 30 sampel kecepatan alat angkut per segmen jalan. Dari 10 segmen jalan yang diamati; 7 segmen jalan lurus, dan 3 segmen jalan tikungan dalam kondisi rusak seperti berlobang, berlumpur dan memiliki tanjakan melebihi standar. Data aktual total kecepatan alat angkut yang diambil saat melewati segmen jalan didapatkan waktu edar aktual sebesar 9,76 menit dengan alokasi waktu loading, spot time dan waktu dumping didapatkan total cycle time aktual sebesar 13,45 menit. Nilai cycle time aktual lebih besar dari nilai cycle time perbaikan yang diasumsikan apabila data kecepatan alat angkut yang diambil melintas pada jalan yang sudah diperbaiki menjadi 11,4 menit atau sebesar 2,05 menit lebih cepat. Upaya untuk meminimalisir besarnya kelebihan nilai cycle time aktual seperti melakukan pembuatan paritan, pembentukan jalan dengan permukaan (cross slope), penurunan grade, penimbunan dan peraatan jalan.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Grade, Jalan Angkut, dan Cycle Time |
Subjects: | T Teknologi > TN Teknik Pertambangan. Metalurgi |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan |
Depositing User: | Mr Jan Frist Pagendo Purba |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 03:29 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 03:29 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/7953 |
Actions (login required)
View Item |