Kajian teknis pengaruh kondisi jalan terhadap cycle time kegiatan pengangkutan pada PT Babel Utama Korpora di Kabupaten Bangka

Aloysius Hardika Manalu, (NIM. 1031611009) (2023) Kajian teknis pengaruh kondisi jalan terhadap cycle time kegiatan pengangkutan pada PT Babel Utama Korpora di Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini melakukan pengamatan dan pengambilan data aktual mengenai kondisi aktual jalan angkut tambang dan mengkaji pengaruhnya terhadap nilai cycle time alat angkut serta upaya perbaikan. Jalan angkut yang dilakukan pengamatan yaitu jalan angkut dari loading point hingga ke stockpile di PT Babel Utama Korpora memiliki kondisi segmen yang melebihi standar jalan angkut tambang. Metode dengan mengambil data secara langsung dilapangan berupa data kecepatan alat angkut, panjang per segmen, elevasi jalan, waktu edar berupa pengambilan posisi alat angkut saat sebelum loading maupun sebelum dumping, spot time alat angkut, pengisian material, hingga waktu menumpahkan material. Alat angkut yang digunakan yaitu Dump Truck Dyna 130HT dan diambil 30 sampel kecepatan alat angkut per segmen jalan. Dari 10 segmen jalan yang diamati; 7 segmen jalan lurus, dan 3 segmen jalan tikungan dalam kondisi rusak seperti berlobang, berlumpur dan memiliki tanjakan melebihi standar. Data aktual total kecepatan alat angkut yang diambil saat melewati segmen jalan didapatkan waktu edar aktual sebesar 9,76 menit dengan alokasi waktu loading, spot time dan waktu dumping didapatkan total cycle time aktual sebesar 13,45 menit. Nilai cycle time aktual lebih besar dari nilai cycle time perbaikan yang diasumsikan apabila data kecepatan alat angkut yang diambil melintas pada jalan yang sudah diperbaiki menjadi 11,4 menit atau sebesar 2,05 menit lebih cepat. Upaya untuk meminimalisir besarnya kelebihan nilai cycle time aktual seperti melakukan pembuatan paritan, pembentukan jalan dengan permukaan (cross slope), penurunan grade, penimbunan dan peraatan jalan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Grade, Jalan Angkut, dan Cycle Time
Subjects: T Teknologi > TN Teknik Pertambangan. Metalurgi
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:29
Last Modified: 27 Sep 2023 03:29
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/7953

Actions (login required)

View Item View Item