The analysis of jargon used by english speaking K-Pop Fans on twitter exemplified by BTS and Blackpink

Widiya Saputri, (NIM. 5031611052) (2023) The analysis of jargon used by english speaking K-Pop Fans on twitter exemplified by BTS and Blackpink. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis jargon yang digunakan oleh komunitas penggemar K-Pop, terutama penggemar BTS dan Blackpink. Penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi, menemukan bentuk dari jargon dan kemudian mendeskripsikan bagaimana jargon memperkuat identitas dari penggemar K-Pop. Metode penelitian yang digunakan untuk menemukan aspek-aspek tersebut adalah deskriptif kulaitatif. Ada 2 teori yang digunakan dalam menganalisis data, yaitu teori bentuk-bentuk jargon dari Halligan dan teori kesadaran kolektif oleh Durkheim. Data penelitian in adalah cuitan dari penggemar BTS dan Blackpink dari bulan januari 2021 sampai Mei 2022. Hasil penelitian ini menujukan ada 4 bentuk jargon dari 38 jargon yaitu kata, frasa, akronim dan singkatan. Bentuk yang paling banyak ditemukan adalah kata, yaitu 18 jargon, selain itu ada 14 frasa, 1 akronim dan 4 singkatan. Selanjutnya, ada 3 elemen dari kesadaran kolektif untuk memperkuat identitas yang ditemukan pada penelitian ini yaitu berbagi nilai yang sama, berbagi kepercayaan yang sama dan melakukan ritual bersama. Sehingga, kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa penggunaan jargon di komunitas K-Pop menunjukkan kedekatan khusus antar anggota komunitas dan memperkuat solidaritas dan identitas dari komunitas penggemar K-Pop.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Kolektif; Bentuk Jargon; Identitas; Jargon; dan Komunitas Penggemar K-Pop
Subjects: P Bahasa dan Sastra > PR English literature
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sastra Inggris
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 23 May 2023 03:38
Last Modified: 23 May 2023 03:38
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/7597

Actions (login required)

View Item View Item