Rantai pasok dan tingkat kepuasan konsumen terhadap beras bulog di Kota Pangkalpinang

Tias Slamet, (NIM. 2051811037) (2023) Rantai pasok dan tingkat kepuasan konsumen terhadap beras bulog di Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)

Abstract

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum BULOG) Cabang Bangka merupakan instansi sambung tangan pemerintah dalam hal ketahanan pangan dan dibebani dua tugas, yaitu tugas publik dan komersial. Tugas komersial ini hadir setelah beralihnya kelembagaan atau perubahan status hukum dari yang sebelumnya merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen menjadi Badan Usaha Milik Negara. Beras yang dikelola oleh Perum BULOG Cabang Bangka tidak bersumber dari dalam daerah melainkan berasal dari daerah Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Terdapat permasalahan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dan mutu dari beras BULOG yang dianggap kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rantai pasok beras di Perum BULOG Cabang Bangka dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap beras BULOG. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2022. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Metode pengambilan sampel yaitu secara purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk rantai pasok serta analisis IPA dan CSI untuk kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan struktur rantai pasok yang diterapkan di Perum BULOG Cabang Bangka dimulai dari MPK-Perum BULOG Cabang Bangka-Distributor-Retailer-Konsumen. Ada tiga aliran yang berjalan yaitu aliran barang, aliran keuangan dan aliran informasi. Kepuasan konsumen berdasarkan hasil analisis CSI dikategorikan puas dengan nilai 76,26%. Analisis IPA menghasilkan atribut yang mendapat prioritas utama dan harus dipertahankan oleh Perum BULOG Cabang Bangka adalah atribut kebersihan, daya simpan beras, pelayanan pada saat penyaluran dan harga.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Beras, Kepuasan Konsumen, dan Rantai Pasok
Subjects: S Pertanian > S Agriculture (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 22 May 2023 03:39
Last Modified: 22 May 2023 03:39
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/7562

Actions (login required)

View Item View Item