Implementasi blue economy dengan pendampingan pembuatan buku profil UMKM produk olahan perikanan Desa Batu Belubang, Bangka Belitung

Dr. Sudirman Adibrata, ST., M.Si., - and Anggelia Nurtasbita Pratiwi, - and Adella Jesiska, - and Aulia, - and Animah, - and Ariska Purnamasari, - and Fera Angelia, - and Indah Septia Rani, - and Nadilla Anggraini, - (2022) Implementasi blue economy dengan pendampingan pembuatan buku profil UMKM produk olahan perikanan Desa Batu Belubang, Bangka Belitung. Jurnal Pengabdian: Indonesia Berdaya, 3 (4). pp. 1065-1072. ISSN 2502-9495

[thumbnail of HASIL UJI SIMILARITY] Text (HASIL UJI SIMILARITY)
2022 - 2. Adibrata et al - Turnitin 11% - Implementasi blue economy.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2022 - 2a. Adibrata et al - Implementasi blue - cover, redaksi, daftar isi.pdf] Text
2022 - 2a. Adibrata et al - Implementasi blue - cover, redaksi, daftar isi.pdf - Cover Image

Download (100kB)
[thumbnail of SCREENSHOOT SINTA] Text (SCREENSHOOT SINTA)
3. Screenshoot Sinta - Sudirman - Jurnal ke-3.pdf

Download (207kB)

Abstract

Kegiatan Bina Desa tahun 2022 dapat memberikan konstribusi nyata untuk memajukan UMKM di Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Mengoptimalkan sumberdaya laut untuk pertumbuhan ekonomi dan wirausaha di desa sejalan dengan konsep blue economy. Tawaran solusi dari permasalahan UMKM di Desa Batu Belubang yaitu pengenalan konsep usaha pengolahan hasil perikanan yang memiliki IPAL, kemasan produk yang lebih menarik perhatian (eye catching), perijinan diharapkan dapat dibantu oleh dinas terkait secara berkala, transfer pengetahuan dan keterampilan pemasaran digital seperti Facebook, Whattsap, Instalgram, Twitter, toko virtual yang resmi seperti Bukalapak, Shopee dan lainnya. Pembinaan dan pendampingan UMKM dari pemerintah daerah terkait potensi produk olahan hasil perikanan sangat dibutuhkan. Salah satu pendampingan yaitu pembuatan buku profil UMKM produk olahan perikanan untuk mempermudah jalur informasi ke konsumen. Jaringan teknologi informasi berbasis website sangat membantu promosi UMKM produk perikanan yang dapat menjangkau konsumen dari lintas provinsi di Indonesia dan lintas negara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bangka Belitung; Blue economy; Entrepreneurs; Marketing; Processed fishery products; UMKM
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
S Pertanian > SH Akuakultur. Perikanan. Memancing
V Ilmu Pengetahuan Angkatan Laut > V Naval Science (General)
Divisions: KARYA TULIS DOSEN
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:03
Last Modified: 13 Apr 2023 07:02
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/7227

Actions (login required)

View Item View Item