Studi Geometrik Jalan terhadap Risiko Terjadinya Kecelakaan pada Ruas Jalan Raya Manggar-Gantung

Rafita Ekasepti, (NIM. 1041711039) (2023) Studi Geometrik Jalan terhadap Risiko Terjadinya Kecelakaan pada Ruas Jalan Raya Manggar-Gantung. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Ruas Jalan Raya Manggar - Gantung sepanjang 1,7 km adalah jalan raya berstatus jalan nasional yang terbagi dalam jalan 4 lajur dan 2 arah, dengan tikungan dibeberapa segmen jalan. Pada ruas jalan ini sudah terjadi kecelakaan sebanyak 18 kejadian dalam 5 tahun terakhir (2016 - 2020). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik titik kecelakaan dan hubungan geometrik jalan terhadap risiko terjadinya kecelakaan pada Ruas Jalan Raya Manggar - Gantung. Data yang dibutuhkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diambil dengan cara survei di lapangan. Data primer yang dibutuhkan antara lain data geometrik jalan dan data kecepatan rata-rata kendaraan. Selain itu data juga diperoleh dengan cara wawancara untuk mendapatkan persepsi pengguna jalan terkait geometrik jalan terhadap risiko terjadinya kecelakaan. Jumlah responden yang diambil sebanyak 400 responden di Kabupaten Belitung Timur. Data hasil wawancara diolah dengan software microsoft excel. Data sekunder yang dibutuhkan yaitu data geometrik jalan (dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Belitung Timur), data koordinat (dari tim pengukuran freelance yang membantu Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan data kecelakaan (dari Kasat Lantas Polres Belitung Timur). Metode yang digunakan untuk menghitung kecelakaan adalah metode EAN. Analisis geometrik jalan mengacu kepada TPGJAK (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan rata-rata kendaraan pada setiap lokasi kecelakaan memenuhi syarat kecepatan rencana yaitu kurang dari 60 km/jam. Parameter geometrik jalan untuk menganalisis karakteristik titik kecelakaan terdiri dari lebar lajur, lebar jalur, lebar median, lebar bahu, lebar dasar saluran, jari-jari tikungan, superelevasi, lebar perkerasan di tikungan, jarak pandang henti dan daerah kebebasan pandang. Dari 10 parameter geometrik jalan ada 5 parameter yang tidak memenuhi standar yaitu lebar jalur, lebar median, lebar bahu, lebar perkerasan di tikungan dan jarak pandang henti. Jadi kondisi geometrik jalan Ruas Jalan Raya Manggar - Gantung yang tidak memenuhi standar dapat berisiko menyebabkan terjadinya kecelakaan. Selain geometrik jalan juga dianalisis bangunan pelengkap jalan yang berupa rambu-rambu, marka jalan dan lampu penerangan jalan. Dari hasil penelitian sebesar 67% kondisi bangunan pelengkap jalan sudah memenuhi standar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Geometrik Jalan; Risiko Kecelakaan; Faktor Kecelakaan; dan Kecelakaan
Subjects: T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:37
Last Modified: 14 Feb 2023 02:37
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6890

Actions (login required)

View Item View Item