Strategi pemasaran politik Algafry Rahman dalam pilkada Kabupaten Bangka tengah periode 2021-2024

Nastazia Elvitasari, (NIM. 5021611039) (2023) Strategi pemasaran politik Algafry Rahman dalam pilkada Kabupaten Bangka tengah periode 2021-2024. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)

Abstract

Prosesi Pilkada tahun 2020 lalu merupakan Pilkada pertama yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Penyebaran virus Corona di Indonesia sejak bulan Maret 2020 mengharuskan banyak penyesuaian dalam menyelenggarakan proses Pilkada tersebut. Terutama terkait pergantian calon yang meninggal akibat terpapar virus Covid-19 pada saat kampanye sedang berlangsung. Salah satu dari Calon yang mengalami pergantian tersebut adalah pasangan calon Bupati dan wakil Bupati dari Kabupaten Bangka Tengah, yaitu Algafry Rahman dan Herry Erfian, yang secara tak terduga berhasil memenangkan kontestasi politik saat itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran politik Algafry Rahman dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Bangka Tengah periode 2020-2025. Penelitian ini menggunakan konsep Pemasaran Politik 10P oleh Deny JA. Kemudian, mengonversinya ke dalam 5 strategi pemasaran yang relevan, yaitu Polling, Profilling, Positioning, Product, Pull Marketing, dan Push Marketing. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang sumber data primernya berasal dari wawancara tidak terstruktur dengan 4 Narasumber utama, yaitu orang-orang yang terlibat langsung dan menjadi otak utama dari strategi politik yang digunakan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemenangan Algafry dan Herry pada dasarnya tidak lepas dari pengaruh tragedi pilu terkait meninggalnya sang incumbent saat masa pencalonan dan strategi pemasaran mereka yang matang. Kondisi tersebut memberi dampak besar dalam mempengaruhi psikologis masyarakat yang turut merasa kehilangan dan pada akhirnya ingin memberikan penghormatan terakhir dengan mendukung Algafry Rahman selaku sosok penerus segala nilai, aspirasi, dan cita-cita yang selama ini diperjuangkan oleh mendiang incumbent.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi politik; pemasaran politik; pilkada; pandemi covid-19
Subjects: J Ilmu Politik > JA Political science (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:24
Last Modified: 30 Jan 2023 02:24
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6828

Actions (login required)

View Item View Item