Pengaruh pemahaman pajak dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak reklame dengan pembayaran online sebagai variabel moderasi

Ainul Mardhliyah, (NIM. 3011511007) (2023) Pengaruh pemahaman pajak dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak reklame dengan pembayaran online sebagai variabel moderasi. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman pajak dan kualitas pelayanan pajak dengan pembayaran online sebagai variabel pemoderasi terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Dalam penelitian ini, variabel independen adalah pemahaman pajak dan kualitas pelayanan pajak, variabel moderasi adalah pembayaran online, dan variabel dependen adalah kepatuhan wajib pajak reklame. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling berupa simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 157 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada
wajib pajak yang melakukan pembayaran pajak reklame dan terdaftar di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kab. Bangka. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pemahaman pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak reklame.
Kualitas pelayanan pajak tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Setelah adanya variabel pembayaran online, pemahaman pajak dan kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Pembayaran online tidak dapat memoderasi pengaruh pemahaman pajak terhadap kepatuhan wajib pajak reklame.
Pembayaran online memperkuat (memoderasi) pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan variabel pemahaman pajak dan kualitas pelayanan pajak secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak reklame. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan variabel pembayaran online memoderasi pengaruh pemahaman pajak dan kulaitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak reklame.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman pajak; Kualitas pelayanan pajak; Pembayaran online; Kepatuhan wajib pajak reklame
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:31
Last Modified: 27 Jan 2023 06:31
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6817

Actions (login required)

View Item View Item