Dwi Suparmanto, (NIM. 1041511018) (2023) Perencanaan Ulang Abutment Jembatan Pilang Kabupaten Belitung. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (255kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (798kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Jembatan Pilang terletak di Desa Dukong Kecamatan Tanjungpandan Belitung, yang merupakan jalan penghubung ke Pelabuhan Tanjung Batu dan Pelabuhan Tanjung Ru serta jalan menuju tempat Eco Wisata Gusong Bugis dan Pulau Leebong. Perencanaan ulang struktur atas Jembatan Pilang dengan tipe Cable- Stayed ini telah dilakukan pada penelitian sebelumnya, namun tanpa adanya perencanaan untuk struktur bawah. Maka, pada penelitian ini dilakukan perencanaan struktur bawah untuk Jembatan Pilang tersebut. Penelitian ini, khususnya merencanakan struktur abutment jembatan dengan tipe T terbalik yang meliputi perhitungan breastwall, backwall, corbel, serta pilecap. Perancangan abutment ini menggunakan bantuan program Microsoft Excel. Adapun dasar perancangan pembebanan abutment tersebut mengacu pada peraturan SNI 1725 : 2016, dengan peraturan perancangan gempa terhadap beban jembatan yaitu SNI 2833 : 2016, serta untuk desain elemen-elemen jembatan mengacu pada RSNI T-12-2004. Berdasarkan hasil perencanaan ini didapatkan dimensi abutment berupa tinggi 6 m, lebar 8,5 m serta panjang 12 m. Kemudian, didapatkan juga dimensi Breastwall berupa tebal 1,3 m dengan tulangan lentur D36-150 mm dan tulangan susut D32-80 mm. Dimensi Backwall atas yaitu meliputi tebal 0,4 m dengan tulangan lentur D16-150 mm dan tulangan susut D13-150 mm, sedangkan dimensi Backwall bawah memiliki tebal 0,8 m dengan tulangan lentur D16-75 mm, serta tulangan susut D13-90 mm. Tulangan lentur pada Corbel yang digunakan adalah D25-150 mm, tulangan susut D19-150 mm, dan tulangan geser D16-150 mm dengan tebal 0,45 m. Selain itu, ada pula perencanaan Pilecap dengan dimensi 8,5 × 15 m dengan tulangan lentur arah (X) D36-150 mm dan arah (Y) D36-150 mm, dimana pilecap tersebut juga memiliki tulangan susut arah X D32-200 mm dan arah Y D32-200 mm, serta tulangan geser arah X D19-200 mm. Jadi dapat disimpulkan dari hasil perencanaan, bahwa desain abutment dapat digunakan pada perencanaan jembatan Pilang tipe Cable-Stayed.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jembatan; Cable-Stayed; Abutment; Pilecap |
Subjects: | T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum) |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 07:04 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 07:04 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6763 |
Actions (login required)
View Item |