Evaluasi kemiringan jalan tambang terhadap cycle time alat angkut pada dump truck hino FG 235 JJ tambang batu granit di PT Aditya Buana Inter Kabupaten Bangka

Fitra Adreansyah, (NIM. 1031511021) (2023) Evaluasi kemiringan jalan tambang terhadap cycle time alat angkut pada dump truck hino FG 235 JJ tambang batu granit di PT Aditya Buana Inter Kabupaten Bangka. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PT Aditya Buana Inter merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang usaha penambangan dan pengolahan batu granit dengan Wilayah Izin Usaha Pertambangan seluas 40 hektar dengan menggunakan metode tambang terbuka. Adapun permasalahan yang terdapat pada perusahaan yaitu terdapat kemiringan jalan angkut yang tidak sesuai dengan standar yang ditentukan oleh perusahaan yaitu ≤ 8% kemiringan jalan tambang yang tidak sesuai dengan standar membuat alat angkut menghasilkan rimpull yang besar pada jalan angkut yang dimaksud sehingga mempengaruhi perolehan waktu tempuh dan waktu edar secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengoptilmalisasi waktu edar dump truck yang diperoleh. Penelitian ini diawali dengan menghitung waktu edar secara aktual pada 2 dump truck yang digunakan dalam 40 kali ritase, alat angkut A memperoleh waktu 493,72 detik dan alat angkut B sebesar 495,75 detik, lalu menghitung waktu tempuh aktual pada segmen jalan angkut yang melebihi ≥ 8% yaitu pada segmen B-C yang memiliki kemiringan (grade) 8,86% dengan waktu tempuh rata-rata sebesar 20,38 detik dan pada segmen C-D yang memiliki kemiringan (grade) 10,51% dengan waktu tempuh rata-rata 37,91 detik. Setelah dilakukan optimalisasi kemiringan pada jalan angkut pada segmen yang bermasalah menjadi 8%, maka perolehan waktu edar berkurang sebesar 5 detik dari 494,73 detik menjadi 489,69 detik dengan persentase kenaikan sebesar 1,04%, artinya dengan memperbaiki jalan angkut yang bermasalah alat angkut dapat mengangkut 89 ton material lebih banyak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jalan angkut; dump truck; waktu edar; granit
Subjects: T Teknologi > TN Teknik Pertambangan. Metalurgi
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:40
Last Modified: 09 Jan 2023 03:40
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6598

Actions (login required)

View Item View Item