Anisa, (NIM. 2051811042) (2022) Strategi pemasaran usaha oleh-oleh makanan olahan hasil laut selama pandemi Covid-19 (studi kasus: IKM Bahek Ewaki). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis perbedaan keuntungan sebelum dan selama pandemic covid-19 di IKM Bahek Ewaki (2) Menganalisis strategi pemasaran usaha oleh-oleh makanan olahan hasil laut selama pandemic covid-19 berdasarkan analisis SWOT dan matriks QSPM. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga bulan Agustus 2022 di IKM Bahek Ewaki Desa Kurau Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji wilcoxon dan analisis SWOT dilanjutkan dengan matriks QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keuntungan sebelum pandemic covid-19 dan selama pandemic covid-19 terdapat perbedaan yang signifikan (nyata). Strategi yang dapat dijalankan oleh usaha oleh-oleh Bahek Ewaki terdapat sepuluh alternatif strategi berdasarkan analisis SWOT. Strategi prioritas yang didapatkan menggunakan matriks QSPM adalah memberikan harga terjangkau atau mempertahankan harga untuk meningkatkan kegiatan bisnis serta meningkatkan kegiatan promosi agar menarik para konsumen dengan STAS sebesar 7,54. Strategi kedua yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar membuat konsumen loyal dengan skor 7,51. Strategi ketiga yaitu menjaga hubungan atau menjalin kerjasama bersama pemasok/supplier ataupun pesaing dengan skor 7,5. Dan strategi terakhir yaitu memaksimalkan lokasi yang strategis dalam memberikan pelayanan serta fasilitas yang baik dengan skor 7,48.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keuntungan; Strategi Pemasaran; Oleh-0leh Makanan Hasil Laut |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Suci Rhomana Sari |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 02:27 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 06:25 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6504 |
Actions (login required)
View Item |