Samuel Christian Sitompul, (NIM. 1031611051) (2022) Optimalisasi produksi overburden pada fleet unit excavator CE 4181 serta kombinasi alat angkut OHT 773 dan OHT 775 Site Dizamatra Powerindo PT Cipta Kridatama di Kabupaten Lahat. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
PT Cipta Kridatama merupakan salah satu kontraktor pertambangan batubara terkemuka di Indonesia yang saat ini memiliki 6 lokasi jobsite yang terletak di Sumatra dan Kalimantan. PT Cipta Kridatama berfokus pada jasa operasional penambangan dari pengupasan lapisan penutup dari front menuju disposal. Kondisi kontur di front penambangan hingga disposal yang tidak ideal seperti permukaan front hingga disposal yang undulasi, tinggi dudukan alat gali-muat tidak setara dengan tinggi vessel alat angkut, dan lebar front loading kurang dari 26 meter berdampak terhadap peningkatan cycle time alat gali-muat dan alat angkut. Demikian juga, antrian alat angkut di front loading dengan rerata aktual 3 menit/cycle. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling mendominasi terhadap penurunan produktivitas alat gali-muat dan alat angkut dan melakukan optimalisasi produksi pada fleet unit alat gali-muat (Excavator CE 4181) dan kombinasi alat angkut (OHT 773 dan OHT 775). Metode penelitian diawali dengan pengambilan data cycle time alat gali-muat sebanyak 2000 cycle time dan 92 cycle time alat angkut pada 3 lokasi yaitu front di High wall Timur dengan jarak 1600 meter dari Disposal, front di Side Wall dengan jarak 1300 meter dari Disposal dan front di Low Wall dengan jarak 1500 meter dari Disposal. Kemudian dilakukan perhitungan produktivitas aktual, match factor, dan faktor yang mempengaruhi produktivitas menggunakan analisis Pareto. Hasil analisa yang didapatkan berupa alat gali-muat menghasilkan rerata produktivitas hanya 448 BCM/jam dari target 471 BCM/jam. Pada alat angkut, produktivitas di front Side Wall Timur merupakan tertinggi dibandingkan dua front lainnya yaitu 83 BCM/jam. Sedangkan, produktivitas alat angkut di front High Wall Timur jarak 1600 meter dari Disposal hanya 73 BCM/jam, dan 81 BCM/jam produktivitas pada lokasi Low Wall jarak 1500 meter dari Disposal. Berdasarkan Analisa Pareto, didapatkan bahwa aktivitas wait to dump, perpindahan posisi alat gali-muat, dan antrian alat angkut di front berkontribusi sebesar 85% terhadap penurunan produktivitas. Setelah tindakan perbaikan, didapatkan hasil berupa peningkatan produktivitas alat gali-muat yaitu 480 BCM/jam dan rerata 85 BCM/jam pada alat angkut pada 3 lokasi front.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produktivitas, Cycle Time, Optimalisasi, Fleet, dan Front Loading |
Subjects: | T Teknologi > TN Teknik Pertambangan. Metalurgi |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan |
Depositing User: | Mr Jan Frist Pagendo Purba |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 01:39 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 01:39 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6435 |
Actions (login required)
View Item |