Analisis efisiensi pemasaran nanas (Ananas Comosus. L) di kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang

Vanni Novita Sari Sihombing, (NIM. 2051811039) (2022) Analisis efisiensi pemasaran nanas (Ananas Comosus. L) di kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan saluran dan fungsi pemasaran nanas di Kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang dan menganalisis efisiensi pemasaran nanas di Kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2021 hingga bulan Agustus 2022 di Kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik snowball sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 petani, 8 pedagang tengkulak, 3 pedagang besar dan 15 pedagang pengecer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket (kuisioner). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran buah nanas di Kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang terdiri dari 4 saluran pemasaran yaitu saluran I merupakan saluran yang terdiri dari petani dan konsumen akhir. Saluran pemasaran II merupakan saluran yang terdiri dari petani, pedagang pengecer dan konsumen akhir. Saluran pemasaran III merupakan saluran yang terdiri dari petani, pedagang tengkulak, pedagang pengecer dan konsumen akhir. Saluran IV merupakan saluran yang terdiri dari petani, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen akhir. Fungsi pemasaran yang dilakukan pada setiap saluran pemasaran buah nanas di Kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang yaitu fungsi pembelian, penjualan, pemanenan, pengangkutan, sortasi dan grading, penyimpanan, risiko, biaya dan informasi pasar. Efisiensi pemasaran nanas di Kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang pada saluran I sampai IV memiliki nilai efisiensi pemasaran sebesar 15,28%, 14,89%, 24,69% dan 52,86%. Berdasarkan nilai efisiensi pemasaran dari saluran I sampai IV menunjukkan bahwa saluran I sampai III sudah efisien karena nilai efisiensinya ≤ 50%, sedangkan untuk saluran IV tidak efisien karena memiliki nilai efisiensi pemasaran ≥ 50%. Hal ini selaras dengan nilai farmer’ share sebesar 100%, 57,14%, 50% dan 12,50% yang menyatakan bahwa saluran I sampai III sudah efisien karena nilai efisiensinya ≥ 50%, sedangkan untuk saluran IV tidak efisien karena nilai efisiensinya ≤ 50%.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nanas; Efisiensi Pemasaran; Saluran pemasaran; dan Fungsi Pemasaran
Subjects: S Pertanian > S Pertanian (Umum)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:14
Last Modified: 06 Oct 2022 07:14
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6390

Actions (login required)

View Item View Item