Akibat hukum perbedaan pencatuman informasi harga pada display dengan sistem pembayaran supermarket ditinjau dari ketentuan umum dalam hukum perjanjian

Nadya Anggraini Pratiwi, (NIM. 4011811045) (2022) Akibat hukum perbedaan pencatuman informasi harga pada display dengan sistem pembayaran supermarket ditinjau dari ketentuan umum dalam hukum perjanjian. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)

Abstract

Konsumen kerap dihadapkan dengan posisi yang lemah oleh pelaku usaha, termasuk perilaku pelaku usaha di bidang retail (supermarket) yang cenderung merugikan konsumen. Perilaku tersebut di antaranya pencantuman informasi harga yang tertera pada barang yang dipajang di display supermarket namun pada saat konsumen membayar harga barang tersebut berbeda dengan harga dalam sistem pembayaran. Hal ini tentu merugikan pihak konsumen, yang mana pelaku usaha tidak memberikan kepastian kepada konsumen tentang masalah harga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis empiris bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan kepustakaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan hukum antara penjual dan pembeli di supermarket dalam hukum perjanjian dan bagaimana jika terjadi perbedaan informasi harga di kasir dengan sistem pembayaran di supermarket ditinjau dari ketentuan umum dalam hukum perjanjian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara pelaku usaha dan konsumen terjadi akibat karena kedua belah pihak mengalami peristiwa hukum (jual beli) sehingga muncul perjanjian bagi keduanya, sehingga secara alami timbul hak dan kewajiban bagi keduanya. Dengan demikian, jual beli yang tidak sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak dapat batal demi hukum.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akibat hukum; informasi harga; perjanjian
Subjects: K Hukum > K Law (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Hukum > Hukum > Konsentrasi Keperdataan
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:27
Last Modified: 05 Jul 2024 01:34
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6266

Actions (login required)

View Item View Item