Pengaruh variasi fuel correction dan injector timing terhadap konsumsi bahan bakar pada mobil tarsius GV-2 Universitas Bangka Belitung

Gunawan, (NIM. 1011811023) (2022) Pengaruh variasi fuel correction dan injector timing terhadap konsumsi bahan bakar pada mobil tarsius GV-2 Universitas Bangka Belitung. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mobil Tarsius GV-2 merupakan sebuah mobil prototype yang dirancang oleh Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung untuk mengikuti setiap ajang kompetisi, mobil ini menggunakan mesin sepeda motor Jupiter Z1 dengan volume silinder 100.4 cc berbasis elektronik atau Fuel Injection (FI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai fuel correction yakni 0, -11, -23, dan -27 dan nilai injector timing yakni 300°, 360°, dan 400° terhadap konsumsi bahan bakar. Electronic Control Unit (ECU) yang digunakan merupakan ECU tipe racing BRT Junken 5. Pengujian dilakukan pada putaran mesin yang bervariasi (RPM 1000, 2000, 3000, 4000 dan 5000) per 5 menit. Penelitian dilakukan dengan menggunkan metode experimental serta analisis data statistik deskriptif, dengan menerapkan 4 variasi mapping, yakni variasi 1 mapping 1, 2, 3, variasi 2 mapping 1, 2, 3, variasi 3 mapping 1, 2, 3, dan variasi 4 mapping 1, 2, 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data konsumsi bahan bakar paling irit diantara semua putaran mesin terjadi di variasi 3 ; mapping 1 dengan rata-rata 27.2 ml, mapping 2 dengan rata-rata 26.2 ml, mapping 3 dengan rata-rata 25.4 ml, dan data variasi 4 ; mapping 1 dengan rata-rata 24.4 ml, mapping 2 dengan rata-rata 23.8 ml, dan mapping 3 dengan rata-rata 22.8 ml, sedangkan untuk konsumsi bahan bakar tertinggi pada putaran mesin 1000 RPM terjadi pada ECU Standar yaitu 20 ml, untuk putaran mesin 2000-5000 RPM terjadi pada ECU BRT Junken 5 variasi 1 mapping 1-3, dengan rata-rata RPM 2000 = 33.6 ml, RPM 3000 = 52.3 ml, RPM 4000 = 59.6 ml, dan RPM 5000 = 68.3 ml, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin besar nilai fuel correction maka konsumsi bahan bakar juga akan semakin tinggi, begitu juga sebaliknya, dan semakin besar nilai injector timing maka konsumsi bahan bakar juga akan semakin kecil.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: ECU BRT Junken 5, Putaran mesin, Variasi, Mapping.
Subjects: T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:45
Last Modified: 09 Sep 2022 03:45
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6231

Actions (login required)

View Item View Item